Balikpapan (ANTARA News) - Tuan rumah Persiba Balikpapan optimistis bisa mengalahkan PSM Makassar pada pertandingan lanjutan Indonesia Soccer Championship 2016 di Stadion Parikesit, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (5/10).

"Kemenangan atas Persegres Gresik menjadi modal penting kami untuk menghadapi PSM Makassar dan kemenangan di kandang sendiri menjadi target," kata pelatih Persiba Jaino Matos kepada wartawan di Balikpapan, Jumat.

Ia mengatakan sebagian besar pemainnya dalam kondisi yang bagus setelah menang melawan Persegres Gresik, terutama motivasi yang sedang tinggi untuk kembali meraih tiga poin.

"Kami andalkan kolektivitas, bukan hanya individu. Maycon Calijury baru beradaptasi dengan sepak bola Indonesia," ujar Jaino menanggapi pemain asingnya Maycon Calijury yang baru mencetak satu gol.

Saat menghadapi PSM, tim berjuluk Beruang Madu dipastikan kehilangan tiga pemain intinya yang mengalami cedera dan terkena akumulasi kartu kuning.

"Iqbal posisi bek kanan dan Antonius Teles posisi gelandang mengalami cedera, sementara kiper Affonsius terkena akumulasi kartu," jelas Jaino.

Kehilangan ketiga pemain tersebut tidak membuat Jaino Matos khawatir, karena timnya masih memiliki pemain-pemain yang kualitasnya tidak jauh berbeda.

"Pengganti Iqbal ada I Gusti Rustiawan atau Kurniawan Karman, pengganti Antonio Teles ada Bima Sakti atau Viktor Way (Gideon) dan Abdulrauf Sjabandi (Hanid) juga tidak masalah," ucap Jaino.

Absennya Alfonsius di bawah mistar gawang akan digantikan Yoewanto Setya Beny dan kiper muda Kartika Aji masuk daftar pemain cadangan.

"Banyak pilihan yang kami siapkan, tetapi nanti lihat sebelum pertandigan. Yang pasti, para pemain siap untuk laga lawan PSM Makassar," tambah Jaino.

Ia menambahkan PSM Makassar merupakan tim yang kuat dan memiliki sejarah kuat dalam sepak bola nasional, di mana jebolan tim berjuluk "Juku Eja" itu banyak yang masuk deretan bintang tim nasional.

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016