Kendari (ANTARA News) - Asosiasi Provinsi Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Sulawesi Tenggara melirik Letjen TNI Edi Rahmayadi sebagai salah satu figur calon Ketua Umum PSSI.

Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Sultra Sabaruddin Labamba di Kendari, Sabtu, mengatakan PSSI membutuhkan figur yang memiliki dedikasi, loyalitas, kematangan emosional dan disiplin yang kuat.

"Silih berganti badai menerpa PSSI yang membuat organisasi olahraga terpopuler di Tanah Air tersebut lesu. Maka dibutuhkan sosok yang tegar dan disiplin mengambil keputusan," kata Sabaruddin.

Sosok tentara jangan dipersonifikasikan sebagai seorang yang keras tetapi disiplin dalam menjalankan aturan organisasi maupun pembinaan atlet.

Tetapi, Sultra tidak alergi dengan figur lain yang juga memiliki niat untuk membangun organisasi sepak bola Indonesia yang reputasinya terpuruk.

"Siapa pun yang memenuhi syarat berhak sosialisasikan diri dan dicalonkan. Figur pengusaha dibutuhkan dalam pengelolaan sepak bola yang membutuhkan biaya cukup besar," katanya.

Edi berobsesi membenahi sejumlah permasalahan mendasar, yakni tata kelola organsiasi maupun perwasitan.

Jika Edi yang menjabat sebagai Pangkostrad terpilih sebagai Ketua Umum PSSI akan menggandeng Kementerian Pendidikan Tinggi untuk memberdayakan alumni sarjana olahraga sebagai bagian dari pembinaan Sepak bola.

Kongres PSSI yang mendapat persetujuan dari FIFA dijadwalkan berlangsung 10 November 2016 di Jakarta.

Pewarta: Sarjono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016