Enam makanan Korea wajib coba

Enam makanan Korea wajib coba

Tteokbokki, jajanan Korea terbuat dari tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis. (ANTARA News/Ida nurcahyani)

Jakarta (ANTARA News) - K-food atau "Korean food", istilah populer untuk makanan khas Korea Selatan kini semakin banyak diminati seiring dengan kian kencangnya terpaan "Hallyu" atau "Korean Wave" atau tersebarnya budaya pop Korea ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Berikut enam menu K-food yang wajib dicoba jika berkunjung ke Korea Selatan versi ANTARA News:

1. Samgyetang

Samgyetang adalah sup ayam utuh yang disajikan dalam mangkuk panas alias hot pot. Ayam diisi berbagai rempah asli Korea termasuk ginseng, jahe dan buah goji.



Selain itu, di dalam ayam juga dimasukkan beras yang lunak dan harum saat ayam dibelah.

Samgyetang sangat cocok disantap saat udara dingin karena rempah-rempah yang bercampur dengan gurihnya kaldu ayam dan segarnya daun bawang dapat menghangatkan tubuh.

"Kami percaya makan samgyetang bisa meningkatkan stamina. Makanya ini cocok disantap saat badan terasa lelah atau pemulihan dari sakit," kata Kim Han-Seong salah satu warga setempat pada Senin (31/10), di Songdo, Korea Selatan pada Senin.

Samgyetang biasanya disajikan dengan berbagai macam acar dan rebusan sayur yang diberi minyak wijen.

2. Kalbi

Kalbi atau galbi adalah gui alias makanan panggang yang biasanya terdiri dari iga daging sapi atau babi yang sudah dimarinasi (dibaluri bumbu) dengan rempah-rempah.

Galbi dalam Bahasa Indonesia artinya iga, biasanya disajikan dengan kecap khas Korea atau ganjang.



Di restoran, kalbi biasa disajikan dengan berbagai macam acar, nasi dan sayur tahu dalam kuah tauco Korea atau yang disebut doenjang jjigae.


3. Mulhoe

Mulhoe adalah sup ikan mentah yang diiris tipis-tipis mirip sashimi Jepang dan dicampur dengan pasta cabai merah atau disebut gochujang dan kadang-kadang ditambah soju atau arak.



Rasa sayuran dalam mulhoe yang segar dan renyah sangat cocok disantap dengan kuah ikan yang pedas dan sedikit asam. Selain sashimi dan sayuran, dalam mulhoe juga ada mi beras yang kenyal.


4. Naengmyeon

Naengmyeon artinya mi dingin. Mi yang bihun namun lebih kenyal dan lebih tebal benar-benar disajikan dalam kuah air es.

"Makanan ini cocok disantap saat musim dingin begini. Udara di luar dingin, jadi kita butuh sesuatu yang dingin juga di dalam, kalau di luar dingin di dalam panas tak cocok," kata Jun Young Hwang, salah seorang warga Korea.



Rasa kuah naengmyeon segar dan sedikit asam. Warga setempat biasa menambahkan pasta jahe dan mustard ke dalam kuah sebagai penambah rasa.


5. Bibimbap

Bibimbap adalah nasi campur ala Korea. Isinya terdiri dari berbagai macam sayuran tumis, kimchi dan taburan rumput laut iris atau biasa disebut gim.

Sayuran dalam semangkok panas bibimbap biasanya terdiri dari  timun jepang yang dipotong kecil dan halus, taoge, lobak, jamur, selada. Di atasnya biasa ditambah telur dan taburan biji wijen,

Cara makannya harus dicampur sampai rata antara nasi dan sayuran.




6. Bulgogi

Bulgogi adalah nama olahan daging asal Korea. Daging yang digunakan biasanya adalah daging sirloin yang diiris tipis-tipis.

Bumbu bulgogi adalah campuran kecap asin dan gula ditambah rempah lain bergantung pada resep dan daerah di Korea.

Di salah satu sudut Seoul, bulgogi disajikan dengan berbagai macam jamur dan sayuran rebus. Tak ketinggalan, kimchi menjadi pendamping wajib setiap makanan Korea.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Korea Utara uji coba rudal jelajah jarak jauh baru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar