Memang benar. Pemutihan status tim masuk agenda ketujuh. Sebenarnya tidak hanya tim, namun juga pengurus, wasit maupun pihak-pihak yang sebelumnya mendapatkan sanksi."
Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Azwan Karim mengatakan pemutihan status tim yang didalamnya termasuk Persebaya Surabaya dipastikan menjadi satu dari 19 agenda yang akan dijalankan pada Kongres PSSI di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Kamis (10/11).

"Memang benar. Pemutihan status tim masuk agenda ketujuh. Sebenarnya tidak hanya tim, namun juga pengurus, wasit maupun pihak-pihak yang sebelumnya mendapatkan sanksi," kata Azwan Karim usai pertemuan dengan perwakilan Bonek di Stasiun Senen, Jakarta, Rabu.

Dengan masuk agenda, kata dia, terkait dengan Persebaya pasti akan dibahas pada kongres. Bahkan pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan pemilik suara PSSI. Dan hingga saat ini tidak ada kendala yang berarti atau tinggal menunggu pengesahan di kongres besok, Kamis (10/11).

Kongres pertama PSSI di era kepengurusan saat ini, kata dia, dipastikan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Agenda yang akan dilakukan sudah jelas dan semuanya telah dibagikan ke pemilik suara PSSI. Apalagi kongres ini juga untuk melakukan pemilihan kepenguruan baru.

Dalam agenda yang telah ada, Azwan menjelaskan, tidak hanya pemutihan tim saja, namun juga akan ada penerimaan anggota baru. Agenda tersebut akan dilakukan sebelum proses pemilihan kepengurusan baru dilakukan.

"Agenda satu hingga 16 pelaksanaannya dipimpin oleh Komite Eksekutif (EXCO) sekarang. Untuk agenda 17 yaitu pemilihan akan dipimpin oleh Komite Pemilihan yang di ketuai Pak Agum Gumelar. Setelah itu, pimpinan sidang dikembalikan ke EXCO kembali sebelum diserahkan ke EXCO yang baru," katanya menambahkan.

Apa yang dikatakan Sekjen PSSI dipertegas oleh anggota EXCO Tony Aprilani. Menurut dia, terkait dengan pemutihan tim sudah berjalan sesuai dengan rencana. Bahkan, perwakilan dari tim Persebaya Surabaya dipastikan hadir pada Konggres PSSI Ancol. Hanya saja, statusnya bukan pemilik suara, namun sebagai peninjau.

"Ada dua orang yang menjadi wakil Persebaya besok. Mereka akan mendapatkan id card untuk masuk karena tanpa id card dipastikan tidak bisa mengikuti kongres," katanya.

Menurut dia, kongres PSSI akan dihadiri 600-an undangan termasuk pemilik suara yang berjumlah 107. Selain itu, kongres dengan agenda utama pemilihan kepengurusan PSSI periode 2016-2020 ini juga dihadiri perwakilan dari FIFA dan AFC.

Sebelumnya perwakilan dari pendukung fanatik Persebaya atau Bonek kembali ke Jakarta untuk memastikan status timnya dipulihkan, bahkan akan mendatangi lokasi kongres. Namun, hingga saat ini muncul kegamangan karena tidak mendapatkan jaminan tertulis dari PSSI terkait dengan kebenaran pemutihan.

"Jangan sampai ada Valentino Rossi ditikungan terakhir," kata salah satu perwakilan Bonek saat pertemuan dengan wakil PSSI dan Kemenpora di Stasiun Senen Jakarta.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016