Jakarta (ANTARA News) - Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan mendirikan SMK jurusan pariwisata dan kelautan unggulan serta pusat-pusat belajar masyarakat program kelompok belajar paket C dan kursus keterampilan.

"Program tersebut untuk menyiapkan tenaga kerja pendukung aktivitas ekonomi di Kepulauan Seribu," kata Anies saat perayaan hari jadi ke-15 Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu di Posko Pemenangan Anies-Sandi di Jalan Cicurug, Jakarta, Rabu.

Anies mengatakan saat ini bidang pendidikan di Kepulauan Seribu masih jauh tertinggal dibandingkan dengan wilayah lain di DKI Jakarta, bahkan kota-kota yang jauh dari ibu kota.

"Angka partisipasi murni untuk tingkat SMA sederajat di Kepulauan Seribu hanya 34,99 persen. Posisi itu jauh lebih rendah dibandingkan kabupaten/kota yang jauh dari Jakarta, misalnya yang ada di Papua," tuturnya.

Mengutip Data Pokok Pendidikan 2014-2015, angka partisipasi murni tingkat SMA sederajat Kepulauan Seribu berada di bawah Merauke (45.20 persen), Mimika (45,73 persen), Nabire (48,87 persen) dan ratusan kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

Kualitas tenaga pengajar di Kepulauan Seribu juga masih di bawah rata-rata nasional. Nilai uji kompetensi guru di Kepulauan Seribu 55,76 persen, sementara rata-rata nasional 56,69 persen, berada di bawah semua kabupaten/kota di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pembangunan Kepulauan Seribu menjadi salah satu dari 23 Janji Kerja Anies-Sandi 2017-2022. Anies-Sandi menilai belum ada strategi khusus dan arah perubahan signifikan terutama di bidang kesehatan, pariwisata, transportasi dan pembangunan manusia untuk membangkitkan potensi di wilayah tersebut.

Anies mengatakan kesenjangan di bidang pendidikan, kesehatan maupun kesejahteraan yang terjadi antara Kepulauan Seribu dengan wilayah lain di Jakarta harus diperkecil.

"Kepulauan Seribu akan dijadikan sebagai Kepulauan Pembangunan Mandiri. Artinya, Kepulauan Seribu akan dibangun dan dikembangkan sebagai wilayah yang mampu menopang kesejahteraan warganya tanpa bergantung pada pembangunan wilayah daratan," katanya.

Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 akan diikuti tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Mereka adalah Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni yang diusung Partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN; Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang diusung PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Hanura dan Partai Nasdem dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang diusung Partai Gerindra dan PKS.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016