Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla memperingati Hari Pahlawan dengan melakukan ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis.

Pantauan Antara di TMP Kalibata, Presiden dan Wapres tiba sekitar pukul 08.10 WIB.

Sejumlah peserta ziarah yang hadir antara lain pimpinan lembaga tinggi negara, anggota DPR/MPR RI, perwira tinggi Polri dan TNI yang telah berkumpul di TMP Kalibata sejak pukul 07.00 WIB.

Presiden Jokowi bertindak selaku inspektur upacara juga melakukan peletakan karangan bunga ke tugu pahlawan di taman makam pahlawan tersebut.

Menutup upacara itu, Menteri Agama Lukman Hakim memimpin pembacaan doa bagi arwah para pahlawan.

Upacara ziarah nasional berakhir pada sekitar pukul 08.25 WIB dengan melakukan tabur bunga oleh Presiden dan Wapres.

Presiden dan Wapres juga direncanakan melakukan ramah tamah dengan Warakawuri dan keluarga Pahlawan Nasional Perintis Kemerdekaan dan janda perintis kemerdekaan di aula taman makam pahlawan.

Usai mengikuti upacara di Kalibata, Presiden akan memberikan arahan kepada para prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta.

Sebelumnya pada Rabu, Presiden juga telah menganugerahi tokoh PBNU KHR Asad Syamsul Arifin sebagai pahlawan nasional pada 2016.

Pengasuh Ponpes Sukorejo Situbondo Jawa Timur KHR Ahmad Azaim Ibrahimy hadir menemui presiden untuk mewakili keluarga Asad. 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016