Moskow (ANTARA News) - Presiden Rusia, Vladimir Putin, Rabu, mengatakan, Moskow siap berkontribusi membangun kembali hubungan dengan Amerika Serikat, dengan Donald Trump sebagai presiden.

“Kami sudah mendengar pernyataan prapemilu mantan calon presiden saat itu (Trump), yang diarahkan pada pemulihan kembali hubungan antara Rusia dan AS,” kata Putin, dalam pidato di hadapan beberapa duta besar di Kremlin.

“Kami memahami bahwa ini bukanlah jalan yang mudah mengingat memburuknya hubungan,” ujarnya. “Namun, Rusia siap dan ingin memulihkan hubungan dengan AS.”

“Kami siap melakukan bagian kami dan melakukan segalanya untuk memulihkan hubungan (Amerika Serikat-Rusia) yang membangun,” katanya seperti dilansir AFP.

“Ini akan menjadi kepentingan rakyat Rusia dan Amerika dan secara positif akan memengaruhi iklim umum dalam hubungan internasional, mengingat tanggung jawab khusus Amerika Serikat dan Rusia untuk memastikan stabilitas dan keamanan global.”

Putin sebelumnya menjadi salah satu pemimpin dunia pertama yang mengucapkan selamat kepada Trump melalui telegram atas kemenangan mengejutkannya atas Hillary Clinton.

Putin diam-diam mendukung Trump selama kampanye, sementara Trump berulang kali menyanjung dan memuji pemimpin Rusia itu dan mengatakan dia bersedia bekerja sama dengannya.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016