Jakarta (ANTARA News) - Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) menyiapkan tiga program uji coba untuk cabang olahraga renang demi peningkatan prestasi dalam Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) 2017 di Malaysia.

"Kami akan mencari kejuaraan-kejuaraan renang bagi atlet-atlet pelatnas mulai Desember 2016 hingga Agustus 2017," kata Direktur Performa Tinggi Satlak Prima Cabang Renang Evalina D.S selepas menggelar tes fisik atlet-atlet pelatnas SEA Games 2017 di Stadion Atletik Rawamangun, Jakarta, Kamis.

Tiga uji coba itu, menurut Evalina, akan berlangsung pada pekan ketiga Desember 2016, April 2017, dan Juni 2017.

"Pada April, kami akan mencari kejuaraan di Australia dan pada Juni di Hongaria," kata Evalina.

Satlak Prima menguji fisik delapan atlet renang di Stadion Rawamangun untuk mengetahui kondisi terakhir atlet sebelum menjalani pemusatan pelatihan jelang SEA Games di Malaysia.

Delapan atlet itu adalah Indra Gunawan, Triadi Fauzi, A Fadlan Prawira, Ricky Anggawijaya, Dennis Joshua Tiwa, Gagarin Nathaniel Yus, Raina Saumi Grahana Ramdhani, dan Kaina Ratih Atmaja.

"Kami mengambil data terbaru dari kondisi atlet. Dengan data-data itu, kami dapat menentukan bagaimana langkah pemulihan dan pencegahan cedera," kata Evalina.

Selain delapan atlet yang telah mengikuti tes fisik, Satlak juga akan melakukan tes fisik terhadap tiga atlet renang lain yaitu I Gede Siman Sudartawa, Vanessa Evato, dan Glenn Victor Sutanto.

"Tiga atlet itu sedang persiapan mengikuti kejuaraan renang di Jepang pada 15 November," kata Evalina.

Atlet renang Indra Gunawan mengatakan telah menjalani latihan di Mengwi, Badung, Bali sejak Januari 2016 untuk persiapan mengikuti SEA Games 2017.

"Saya berharap dapat diikutkan dalam kejuaraan uji coba pada Maret karena harus berlatih pada Januari hingga Februari," kata Indra.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016