Saudi nyatakan GCC bisa jadi kekuatan ekonomi terbesar keenam dunia

Saudi nyatakan GCC bisa jadi kekuatan ekonomi terbesar keenam dunia

Presiden Amerika Serikat Barack Obama bersalaman dengan Emir Qatar Sheikh Tameem bin Hamad Al Thani saat menjamu Dewan Kerja Sama Teluk (GCC) enam negara di Camp David, Maryland, Amerika Serikat, Kamis (14/5). Dari kiri ke kanan: Putra Mahkota Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan, Putra Mahkota Bahrain Pangeran Salman bin Hamad Al-Khalifa, Wakil Perdana Menteri Oman Sayyid Fahd bin Mahmoud Al Said, Emir Kuwait Sheikh Sabah Al-Ahmed Al-Jaber Al-Sabah. (REUTERS/Kevin Lamarque )

Riyadh (ANTARA News) - Wakil Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman bin Abdulaziz mengatakan bahwa negara-negara Dewan Kerja Sama Teluk (GCC) memiliki kesempatan untuk menjadi ekonomi terbesar keenam di dunia sebagai salah satu blok, Saudi Press melaporkan pada Kamis.

Dia membuat pernyataan tersebut dalam pidato upacara pembukaan pertemuan pertama Otoritas Urusan Ekonomi dan Pembangunan GCC yang diselenggarakan di Riyadh pada Kamis.

Ia menekankan perlunya bagi negara-negara GCC untuk mengambil peluang dan bekerja sama "di era blok-blok" di tengah ekonomi global yang berfluktuasi.

Pernyataan itu muncul saat negaranya sedang melakukan reformasi ekonomi besar untuk menjadi negara yang tidak bergantung minyak pada 2020 dalam era pasca minyak, karena harga minyak terjun di pasar internasional.

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar