Api cepat dipadamkan, karena kami terbantu dengan berfungsi baiknya fasilitas pemadam di gedung Apartemen Soho@Podomoro City, seperti sprinkler dan fire hydrant."
Jakarta (ANTARA News) - Manajemen PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) menargetkan apartemen Soho@Podomoro City yang mengalami musibah kebakaran pada salah satu sisi facade/ bagian luar bangunan dapat dilakukan serah terima pada akhir 2016.

"Kami menyampaikan apresiasi kepada petugas pemadam kebakaran yang berhasil memadamkan api saat kejadian pada Rabu (9/11) sekitar pukul 20.30 WIB," kata Wakil Direktur Utama APLN, Indra W. Antono di Jakarta, Jumat.

Indra juga menyatakan seluruh peralatan dan sistem pemadam kebakaran dalam bangunan yang saat ini memasuki tahap penyelesaian akhir (finishing) tersebut juga berfungsi dengan baik saat kejadian.

Indra juga menyampaikan saat ini seluruh aktivitas sudah kembali normal termasuk Neo Soho Mall sudah beroperasi kembali pada Kamis (10/10), mall ini sebelumnya sudah dioperasikan (soft launching) sejak 8 September lalu, serta grand launching di jadwalkan Desember 2016.

Sedangkan menurut General Manager Operation Central Park dan Neo Soho, Selvyn, proses pemadaman mengikuti Standar Operating Procedure (SOP) dengan mengacu kepada penerapan K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

"Api cepat dipadamkan, karena kami terbantu dengan berfungsi baiknya fasilitas pemadam di gedung Apartemen Soho@Podomoro City, seperti sprinkler dan fire hydrant," kata Selvyn.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, yang terbakar hanyalah salah satu sisi facade/bagian luar gedung dan api tidak sampai masuk ke dalam gedung, sehingga tidak mengenai struktur bangunan, tidak merusak unit-unit apartemen yang akan diserahterimakan, bahkan kaca-kaca unitpun tidak ada yang pecah.

Sementara, Justini Omas, Corporate Secretary APLN menambahkan bahwa saat ini kondisi di dalam gedung, baik apartemen Soho@Podomoro City maupun di Neo Soho Mall aman terkendali.

"Saat ini situasi aman terkendali, langkah selanjutnya kami akan menyelidiki penyebab kebakaran bekerjasama dengan otoritas terkait. Kami harapkan hasilnya dapat segera diketahui," ujar Justini.

SOHO@Podomoro City merupakan hunian berkonsep Small Office Home Office (SOHO) atau bangunan berfungsi ganda yaitu hunian dan perkantoran yang mulai dibangun pada November 2012.

Di bawah gedung SOHO@Podomoro City terdapat Neo Soho Mall yang terhubung dengan Mall Central Park melalui Eco Sky Bridge dan Underground Tunnel.

Selain itu, di dalam superblok Podomoro City terdapat Hotel Pullman, bangunan apartemen Central Park Residences, Royal Mediterania Residences, perkantoran APL Tower dan ruko Garden Shopping Arcade.

Lokasi SOHO@Podomoro City sangat strategis, berlokasi di pintu gerbang utama kawasan CBD Jakarta Barat.

APLN memiliki 40 anak usaha, 10 entitas dengan kepemilikan tidak langsung melalui entitas anak, serta 2 entitas asosias berlokasi di Jakarta, Karawang, Bandung, Bali, Balikpapan, Batam, Makassar dan Medan.

Dalam 10 tahun terakhir, APLN telah menyelesaikan lebih dari 50 proyek properti, mayoritas ditujukan kepada segmen masyarakat kelas menengah bawah, di samping beberapa apartemen premium.

Pewarta: Ganet Dirgantoro
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016