Jakarta (ANTARA News) - Kirab budaya dan jalan sehat dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dan menumbuhkan plurarisme yang diperkirakan akan diikuti 5.000 orang akan dilakukan di Bogor, Minggu besok (13/11).

Acara yang menurut rencana akan dihadiri Walikota Bogor, Bima Arya, juga disertai berbagai kegiatan seperti di bidang seni, hobi, budaya, serta kuliner, sebut keterangan tertulis Taruna Merah Putih (TMP) di Jakarta, Sabut.

Menurut Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP), Maruarar Sirait, acara yang diselenggarakan oleh organisasinya itu untuk memperkenalkan budaya bangsa kepada anak-anak muda dan sekaligus mempromosikan wisata serta kuliner Bogor. Acara ini juga untuk memicu kreatifitas di kalangan anak-anak muda.

Hal lain yang tak kalah penting, sambung Maruarar, kegiatan juga untuk menumbuhkan pluralisme. Dengan menampilkan ragam budaya di berbagai Nusantara sehingga pluralisme itu mewujud dalam kehidupan nyata.

"Kita tunjukkan nasionalisme kita dengan tindakan nyata. Sebab rakyat butuh contoh yang menggerakkan sehingga nasionalisme dan pluralisme benar-benar terjaga," kata Maruarar.

Maruarar mengatakan, acara ini juga diharapkan bisa meningkatkan pengembangan ekonomi kreatif yang penting dalam menghadapi Masyarakat Ekomoni Asean (MEA)

Menurut Ketua DPC PDIP Kota Bogor yang juga pengurus DPP TMP, acara dengan tema ‘Pemuda Pelopor untuk Perubahan Bogor Bersama (Bersih, Sejahtera dan Nyaman)’  akan dimulai pada jam 07.00 WIB dengan start dari Balaikota Bogor dan finish di GOR Pajajaran melalui jalur Hari Bebas Kendaraan.

Sampai siang hari yang mendaftar sudah mencapai 5.000 orang.

Selain kirab budaya dan jalan sehat, dilokasi finish peserta juga akan dihibur oleh penampilan seni musik, tari dan hiburan lainnya dari sekolah berprestasi seperti SMAN 1 Bogor, Regina Pacis Bogor, SMPN 1 Bogor, SMPN 4 Bogor  dan juga musikus jalanan yang berprestasi group Oncom Hideung.

Acara ini juga akan dimeriahkan oleh Edo Kondologit, Nico Siahaan dan DJ Van Neslon.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016