... perlu tahu, di balik seorang pahlawan pasti ada cerita yang menggugah. Bang Ali salah satunya....
Jakarta (ANTARA News) - Calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Sandiaga Uno, berziarah ke makam Gubernur/Kepala Daerah Khusus DKI Jakarta, Ali Sadikin, di TPU Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta, Minggu. 

Almarhum Letnan Jenderal TNI Marinir (Purnawirawan) Ali Sadikin dilahirkan di Sumedang, Jawa Barat, pada 7 Juli 1927 dan lebih populer dengan nama panggilan penghormatan dari warga Betawi, yaitu Bang Ali. Dia merupakan gubenur DKI Jakarta pertama, juga di Indonesia, yang menyandang status resmi di pemerintahan juga sebagai kepala daerah. 

Dia dilantik Presiden Soekarno pada 28 April1966 oleh Bung Karno di Istana Merdeka, dan purna bhakti dari posisinya pada 7 Juli 1977. Hingga kini, nama Bang Ali masih menjadi ikon penting kemajuan DKI Jakarta dari sisi fisik, mental, dan administrasi publik. 

Dia banyak mendobrak dan menyelenggarakan berbagai hal di Jakarta namun warga Jakarta sangat mencintai dia saat itu. 

Saat hari purna tugas tiba, belasan ribu warga Jakarta dari berbagai kalangan dan latar belakang sosial, memenuhi DPRD DKI Jaya dan Balai Kota (Kantor Gubernur DKI Jaya) di Jalan Medan Merdeka Selatan, sejak pagi, untuk melepas Bang Ali. Musisi Melky Goeslow, sebagai misal, menggubah khusus lagu untuk Bang Ali. 

Bang Ali juga kondang dengan program rehabilitasi pemukiman warga di kawasan kumuh, yang dinamakan Proyek MHT, kependekan dari Proyek Muhammad Husni Thamrin, mengambil nama pahlawan nasional dari etnik Betawi. 

Kali ini, Sandi mendatangi makam Bang Ali --adik kandung dr Hasan Sadikin yang namanya lalu diabadikan menjadi nama RSUP Hasan Sadikin, di Bandung-- ditemani Boy Sadikin, yang merupakan anak Bang Ali.

Setelah tiba di depan pusara pria penggagas Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair itu, Sandi lebih banyak diam, tidak seperti ekspresi andalannya yang kerap tersenyum jika melakukan sosialisasi dengan warga Jakarta.

"Anak muda perlu tahu, di balik seorang pahlawan pasti ada cerita yang menggugah. Bang Ali salah satunya," katanya.

Pengusaha asal Gorontalo, Sulawesi ini juga tidak lupa menaburkan bunga di atas makam mantan gubernur yang terkenal dengan kebijakan kontroversialya itu, salah satunya mengembangkan hiburan malam dengan memungut pajaknya untuk pembangunan Jakarta.

Selain makam Bang Ali, Sandi juga berziarah ke pusara Bung Hatta, dan Abdurrahman Baswedan, sastrawan Indonesia sekaligus merupakan kakek dari Anies Baswedan.

Pada Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November lalu, pasangan Sandi di Pilkada DKI 2017, Anies Baswedan, telah terlebih dahulu mendatangi TPU Tanah Kusir untuk berziarah ke tiga makam tokoh itu. 

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016