Strasbourg (ANTARA News) - Republik Ceko terus membangun diri sebagai kekuatan dalam tenis putri dengan mengalahkan tuan rumah Prancis 3-2, Minggu (Senin pagi WIB), dan menjuarai turnamen Piala Federasi yang kelima kalinya dalam enam tahun terakhir, atau yang ke-10 secara keseluruhan.

Karolina Pliskova dan Barbora Strycoba menaklukkan pasangan Kristina Mladenovic dan Carolina Garcia 7-5, 7-5 pada partai tunggal yang memastikan kemenangan Republik Ceko dalam final kejuaraan dunia tenis beregu putri tersebut.

Republik Ceko, ketika sebagai Cekoslowakia di tahun 1970-an dan 1980-an pernah lima kali juarai Piala Federasi. Kini dalam beberapa tahun terakhir tim tenis Ceko cukup dominan di tingkat dunia.

Hanya tim AS yang dapat mengungguli Republik Ceko dalam koleksi gelar Piala Federasi, yakni 17 kali sejak kejuaraan ini pertama digelar tahun 1963.

Menghadapi pasangan yang baru-baru ini menjuarai Grand Slam Prancis Terbuka, Strycova/Pliskova tampil bagus, sementara Mladenovic tampak tidak dalam performa terbaiknya.

Petra Kvitova, dua kali juara Wimbledon, semula diharapkan dapat menjadi andalan Republik Ceko namun setelah kekalahannya pada partai pertama, ia tidak dapat tampil hari Minggu.

"Kvitova tidak bis tampil hari ini, kami tidak punya pilihan, namun Strycoba tampil sangat bagus," kata kapten tim Republik Ceko Petr Pala, yang membawa timnya bangkit dari ketinggalan 1-2 dan berhasil menjadi kapten tim Republik Ceko pernam yang berhasil memcatat lima gelar Piala Federasi.

"Para pemain kami tidak pernah menyerah, seperti juga tim Prancis, tapi hanya ada satu tim yang juara," ujarnya.

Tidak mau terpengaruh oleh absennya Kvitova, para pemain Republik Ceko lainnya tetap fokus dengan tugasnya dan perjuangan mereka terbayar. Tim putri Republik Ceko merupakan tim pertama dalam sejarah Piala Federasi ini yang mampu tiga kali beruntun menjadi juara, sejak Spanyol di tahun 1993-1995.

"Ini hari yang indah. Kami begitu gembira karena pertandingan ini tidak mudah," kata Pliskova.

"Rahasia suksesny adalah kami tampil maksimal dan memburu setiap poin. Kami berjuang hingga akhir pertandingan," tambah Strycova.

Berikut hasil pertandingan final Piala Federasi:

Hari Minggu:

Karolina Pliskova/Barbora Strycova (Republik Ceko) mengalahkan Caroline Garcia/Kristina Mladenovic (Prancis) 7-5 7-5

Barbora Strycova (Republik Ceko) mengalahkan Alize Cornet (Prancis) 6-2 7-6(4)

Caroline Garcia (Prancis) mengalahkan Karolina Pliskova (Republik Ceko) 6-3 3-6 6-3

Hari Sabtu:

Caroline Garcia (Prancis) mengalahkan Petra Kvitova (Republik Ceko) 7-6(6) 6-3

Karolina Pliskova (Republik Ceko) mengalahkan Kristina Mladenovic (Prancis) 6-3 4-6

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016