Istanbul, Turki (ANTARA News) - Turki pada Senin (14/11) menutup sebuah perlintasan perbatasan dengan Suriah di Provinsi Kilis setelah bentrokan brutal terjadi di kota kecil Azaz, Suriah, menurut seorang pejabat setempat.

"Gerbang perbatasan hanya dibuka untuk ambulans," kata pejabat itu, yang berbicara kepada kantor berita AFP dengan syarat namanya tak disebut.

Media Turki melaporkan bahwa penutupan perlintasan perbatasan Oncupinar, yang menghadap Bab al-Salama di dalam Suriah, merupakan kebijakan keamanan "sementara" setelah bentrokan di wilayah Suriah.

Kota Azaz, yang berada tidak jauh dari perbatasan, adalah satu dari banyak desa dan kota kecil yang direbut petempur oposisi Suriah yang didukung Ankara sejak sebuah serangan yang didukung Turki dimulai pada 24 Agustus.

Gubernur Kilis Ismail Catakli mengatakan perbatasan itu ditutup bagi bantuan kemanusiaan dan lalu lintas perdagangan "karena perkembangan situasi di sisi lain perbatasan tersebut" menurut kantor berita swasta Dogan.

Masih belum jelas kapan perlintasan perbatasan itu akan kembali dibuka.

Turki memulai operasi ambisius di dalam Suriah yang disebut "Euphrates Shield" (Perisai Eufrat) untuk mendukung petempur oposisi Suriah dalam upaya membersihkan perbatasan dari petempur ISIS dan menghentikan pergerakan milisi Kurdi Suriah.(mu) 


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016