Semarang (ANTARA News) - Sebanyak 39 pasangan putra akan mengikuti kejuaraan bulu tangkis antarmedia yang diselenggarakan oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation bekerja sama dengan SIWO PWI Jawa Tengah di GOR Universitas Semarang (USM), 16 hingga 17 November 2016.

Ketua Panitia Darjo Soyat usai drawing peserta di Semarang, Selasa, mengatakan, mereka akan terbagi dalam tiga kelompok umur, yaitu kelompok usia di bawah 35 tahun (12 pasang), kelompok usia 35-45 tahun (11 pasang), dan di atas 45 tahun (16 pasang).

Untuk kelompok usia di bawah usia 35 tahun dan 35-45 tahun menggunakan sistem pool karena jumlah peserta tidak terlalu banyak, sedangkan untuk kelompok usia di atas 45 tahun menggunakan sistem gugur.

"Mereka berasal dari 15 media cetak dan elektronik yang ada di Jawa Tengah. Jumlah ini mengalamai peningkatan. Pada tahun 2014, diikuti 33 pasangan, sekarang ini diikuti 39 pasangan," katanya.

Ke-15 media yang ambil bagian pada kejuaraan tersebut TVRI Jateng, TVKU, RRI Semarang, RRI Solo, Radio Yasika Yogyakarta, USM Jaya, Suara Merdeka, Radar Semarang, Tribune Jateng, Jateng Pos, Antara Jateng, Wawasan, Proeksekutor, Magelang Expres, dan Tabloid Cempaka.

Juara masing-masing kelompok umur akan ditandingkan pada babak utama melawan juara dari Zona Indonesia Barat dan Timur di GOR Jati Kudus, 30 November hingga 1 Desember 2016.

Kejuaraan bulu tangkis antarmedia pada tahun genap ini menggunakan format perorangan, yaitu ganda. Kalau pada tahun ganjil, yaitu beregu, dan pada tahun 2015 dimainkan di GOR Djarum Magelang.

Kejuaraan bulu tangkis antarmedia 2016 untuk babak penyisihan dimainkan di tiga kota yang meliputi zona. Zona Indonesia Barat meliputi Sumatera, DKI Jakarta, Jabar, dan Banten bertempat di GOR Pasar Minggu Jakarta, 10 hingga 11 November.

Zona Indonesia Tengah yang meliputi Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Kalimantan bertempat di GOR USM Semarang, 16 sampai 17 November, sedangkan Zona Indonesia Timur meliputi Jatim, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua bertempat di GOR Sudirman Surabaya, 23 hingga 24 November.

Menurut Manajer Program Bakti Olahraga Djarum Foundation Budi Darmawan, kompetisi bulu tangkis ini memang sudah menjadi agenda rutin yang digelar setiap tahun selama satu dasawarsa terakhir ini.

"Kami menyadari bahwa keterlibatan media sangat besar dalam perkembangan bulu tangkis di Tanah Air. Selain itu, melalui event ini mari kita sisihkan waktu sejenak sambil bermain bulu tangkis sekaligus menjaga silaturahmi di kalangan wartawan," katanya.

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016