Kami akan berlaga melawan Timnas Thailand, dan saat bersamaan ada tiga laga pula di liga nasional dan timnas tidak bisa memilih semua pemain terbaiknya
Manila, Filipina (ANTARA News) - Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl mengaku akan menginstruksikan pemainnya untuk menerapkan strategi baru pada laga perdana Piala AFF 2016 melawan Thailand sehingga timnya terhindar dari kekalahan.

Menurut pelatih asal Austria ini, pada konferensi pers yang dihadiri seluruh pelatih tim yang berlaga pada grup A Piala AFF Suzuki 2016 di salah satu hotel di Metro Manila, Jumat, kondisi timnas Indonesia saat ini sedang tidak baik.

"Kami akan berlaga melawan Timnas Thailand, dan saat bersamaan ada tiga laga pula di liga nasional dan timnas tidak bisa memilih semua pemain terbaiknya," kata dia kepada para wartawan Asia Tenggara yang meliput turnamen ini.

Ia menjelaskan, hanya dua pemain dari setiap klub yang bisa digunakan. Belum lagi beberapa masalah seperti cedera, sehingga dalam ajang ini Timnas Indonesia menghadapi persoalan cukup berat, terutama pada pertandingan pertama melawan Thailand esok Sabtu di Philippines Sport Stadium, Bocaue, Bulacan.

"Asal tidak kalah dengan Thailand," kata dia sambil melirik pelatih Thailand Kiatisuk Senamuang yang duduk di sebelah kanannya.

Riedl mengakui kekuatan Indonesia berkurang karena kehilangan Irfan Bachdim yang cedera saat latihan. "Ini menjadi tantangan bagi Indonesia untuk memunculkan strategi baru," kata dia.

Sementara itu, hampir semua pelatih mengatakan semua tim yang akan berlaga dalam kondisi baik.

Pelatih atau manajer yang hadir pada sesi konferensi pers jelang pertandingan itu adalah manajer Thailand Kiatisuk Senamuang, manajer Filipina Thomas Dooley, manajer Singapura V.Sundramoorthy dan Indonesia Alfred Riedl.

Sore harinya Timnas Indonesia akan uji coba lapangan yang akan digunakan pada pertandingan esok.

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016