Mumbai (ANTARA News) - Hampir 80.000 orang di kota Mumbai menghadiri Global Citizen Festival yang menampilkan band rock Inggris Coldplay pada Sabtu (19/11).

Acara tersebut juga diramaikan oleh sederet bintang papan atas lainnya termasuk penyanyi rap Jay Z, penyanyi pop Demi Lovato dan band Inggris The Vamps, serta tidak ketinggalan aktor ternama Bollyowood, Shah Rukh Khan.

Global Citizen Festival adalah konser musik tahunan yang diadakan sejak 2012 yang merupakan bagian dari kampanye lebih luas untuk mengentaskan kemiskinan parah pada 2030.

Pentolan Coldplay Chris Martin bertindak sebagai direktur kreatif konser itu, demikian seperti dikutip dari AFP.

Para penonton membentuk antrean panjang pada pagi hari di luar lokasi konser, menimbulkan kemacetan lalu lintas di distrik bisnis Mumbai yang sudah padat.

Martin menutup konser dengan menyanyikan lagu kebangsaan India "Vande Mataram" (Mother, I salute thee) dengan bantuan dari direktur musik India peraih Oscar A.R Rahman.

Hampir 80 persen dari penjualan tiket untuk acara tersebut didonasikan kepada orang-orang yang mendukung kampanye Proyek Pengentasan Kemiskinan Global, termasuk meningkatkan sanitasi, kesetaraan gender, dan pendidikan di India.

Acara itu dihadiri legenda Bollywood Amitabh Bachchan dan cucu Nelson Mandela Kweku Mandela.

Dalam pidato yang disiarkan di televisi, Perdana Menteri India Narendra Modi, yang tampil di festival tersebut pada 2014, mengutip lirik lagu terkenal Bob Dylan untuk menunjukkan perubahan iklim politik di negara Asia Selatan itu.

Namun, dia hanya menyampaikan pernyataan singkat, mengatakan "Saya tahu bahwa saya berdiri di antara Anda dan Coldplay," tapi memuji para pemuda India, menyebut mereka "membawa energi dan idealisme yang tidak tertandingi." (mr)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016