Kemenhub alokasikan Rp350 miliar perpanjang Bandara NG Dekai

Kemenhub alokasikan Rp350 miliar perpanjang Bandara NG Dekai

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia saat mendarat mulus di Bandara Nop Goliat Dekai, di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua, Selasa (18/10). (Antara Papua/Dhias Suwandi)

Dengan ketersediaan rute penerbangan langsung ke Yahukimo akan mendorong percepatan pembangunan daerah ..."
Biak (ANTARA News) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengalokasikan anggaran senilai Rp350 miliar untuk membiayai proyek perpanjangan landasan pacu Bandar Udara (Bandara) Nop Goliat Dekai di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua, untuk membuka akses penerbangan langsung dari dan ke wilayah itu.

"Peningkatan fasilitas fisik Bandara Dekai berupa pembangunan terminal dan ruang VIP merupakan tindak lanjut program Kemenhub setelah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 18 Oktober 2016," ujar Bupati Yahukimo Abock Busup MA, ketika ditemui di Biak, Minggu.

Abock Busup mengatakan bahwa program pembangunan perpanjangan landasan pacu Bandara Dekai dari 1.950 meter menjadi 2.500 meter ditargetkan rampung pada akhir 2017.

Dengan adanya peningkatan landasan menjadi 2.500 meter, maka ia mengemukakan, diharapkan bisa menarik minat perusahaan penerbangan membuka rute langsung ke Yahukimo.

Pemerintah Kabupaten Yahukimo sudah menyurati manajemen PT Trigana Air untuk menyediakan layanan angkutan penumpang Natal dan Tahun Baru 2017 dengan pesawat jenis Boing 737 seri 200/300.

Upaya lain dilakukan Pemkab Yahukimo untuk mendorong peningkatan layanan angkutan udara di Bandara Dekai adalah menghubungi Garuda Indonesia untuk membuka penerbangan langsung Jakarta-Denpasar-Timika dan Yahukimo maupun rute lain, Jayapura-Yahukimo-Merauke.

"Dengan ketersediaan rute penerbangan langsung ke Yahukimo akan mendorong percepatan pembangunan daerah, dan meningkatkan pembangunan ekonomi masyarakat setempat," ujar Abock, yang juga Ketua Dewan Perwakilan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN).

Ia juga mengapresiasi perhatian Pemerintah Pusat melalui Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun Tanah Papua yang damai, maju dan sejahtera dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Pemkab Yahukimo terus berharap dukungan Pemerintah Pusat untuk membantu program proyek insfrastruktur di pedalaman Papua untuk percepatan pembangunan transportasi," ujarnya.

Abuck Busup berada Biak erkait pelantikan empat pengurus Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PAN, yakni Biak Numfor, Supiori, Waropen dan Kabupaten Yapen Kepulauan.

Ia juga menyerahkan bantuan seng dan keramik untuk pembangunan gereja di Kabupaten Biak Numfor yang berlangsung 19-20 November 2016.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2016

KPU Papua petakan hanya Kabupaten Yahukimo yang menggunakan sistem noken

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar