Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Golkar Setyo Novanto mengatakan akan mengambil keputusan terkait usulan untuk kembali menduduki Ketua DPR setelah bertemu dengan para pimpinan DPP yang rencananya dilaksanakan Rabu (23/11) besok.

"Saya akan pertimbangkan, setelah menerima para pimpinan DPP Partai Golkar yang rencananya menghadap besok pagi," kata Novanto usai makan bersama dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Selasa.

Novanto mengatakan situasi usulan dirinya sebagai ketua DPR kembali berjalan sangat cepat dan tidak di ketahui oleh dirinya.

"Sampai hari ini belum mengetahui situasinya karena sudah dilakukan dengan cepatnya untuk dilakukan di fraksi, dan fraksi disampaikan pada pimpinan," katanya.

Novanto juga mengaku bahwa situasi ini sudah sampaikan kepada Presiden Joko Widodo dan telah merespon tidak akan ikut campur.

"Semuanya itu diserahkan pada partai, beliau (Presiden) tidak ikut campur, dan beliau tidak ikut mempengaruhi tetapi itu masalah dengan Partai Golkar secara internal," katanya.

Novanto mengatakan apa yang sudah diputuskan dan yang dikehendaki oleh para fraksi dan pimpinan akan menghormati dan menghargainya.

Presiden Joko Widodo menegaskan dirinya tidak ikut campur usulan Setyo Novanto kembali menjadi ketua DPR karena merupakan urusan internal partai dan DPR.

"Tadi sudah sampaikan, itu urusan internal Partai Golkar, itu juga urusan di DPR, tidak ada hubungan dengan kita," kata Presiden.

Ketika dintanya jika Novanto kembali terpilih menjadi Ketua DPR apakah akan merombak kabinet, Presiden menjawab: "Tidak ada hubungannya dengan kabinet."

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016