Manila (ANTARA News) - Dua punggawa Timnas Indonesia pada ajang piala AFF Suzuki 2016 tidak mengikuti sesi latihan yang dipimpin langsung pelatih Alfred Riedl di Philippine Sports Commission, Manila, Filipina, Rabu pagi.

Dua pemain tersebut yang selalu diturunkan pelatih pada dua laga sebelumnya yaikni Rizki Rizaldi Pora (14) dan Stefano Jantje Lilipaly (8) terlihat latihan terpisah dibimbing pelatih fisik yakni dengan berlari mengitari lapangan.

Terlihat sesekali keduanya memegang bagian tubuhnya yang kemungkinan sakit. Dua pemain ini dalam laga "keras" kontra Filipina Selasa (22/11) malam cukup besar andilnya dalam menyerang maupun bertahan, dan kerap berjibaku berebut bola hingga mendapat hadangan pemain lawan serta dijatuhkan, sehingga mengakibatkan cidera.

Sementara sembilan pemain utama yang diturunkan pelatih saat melawan Filipina, terlihat melahap semua latihan khususnya pemulihan fisik serta sentuhan-sentuhan kecil dalam mendistribusikan bola.

Riedl juga memberikan latihan berupa bola bola panjang terutama dilakukan pemain tengah, sementara Evan Dimas diplot memainkan peran operan bola langsung ke jantung pertahanan lawan yang sudah menunggu Boas Salossa dan Lerby di sana.

Sedangkan seluruh pemain cadangan termasuk yang diturunkan Riedl sebagai pemain pengganti seperti Zulham Zamrum dan Ferdinand Sinaga menjalani latihan bersama asisten pelatih Wolfgang dengan memainkan peran sesuai posisinya.

Pada laga terakhir kontra Singapura, Timnas Indonesia harus memenangi pertandingan tersebut jika ingin lolos ke semifinal mendampingi Thailand, dengan syarat Filipina minimal seri melawan Thailand yang pelaksanaan pertandingannya dengan waktu sama di tempat berbeda.

Timnas Indonesia akan berlaga melawan Singapura di Philippine Sports Commission, Manila, sedangkan tuan rumah melawan Thailand berlangsung di Philipine Sports Stadium, semuanya pada pukul 20.00 waktu setempat.

Kondisi lapangan di Philippine Sports Commission meski lebih bagus namun berupa rumput sintetis.

Saat ini Timnas Indonesia berada di juru kunci klasemen sementara dengan nilai satu dari satu kali seri melawan Filipina (2-2) dan satu kalah atas Thailand (2-4). Begitu pula Singapura mendapat nilai satu setelah imbang lawan Filipina (0-0) dan kalah dari Thailand (0-1).

Timnas Filipina memiliki nilai dua dari dua kali bermain imbang yakni kontra Singapura (0-0) dan dengan Indonesia (2-2). Sementara tim gajah putih telah melenggang ke semifinal setelah mengumpulkan nilai sempurna dalam dua laga yakni enam.

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016