Glasgow (ANTARA News) - Luis Suarez dan Lionel Messi siap kembali memperkuat Barcelona setelah bermain imbang 0-0 melawan Malaga dalam laga Liga Spanyol akhir pekan ini. Kedua pemain pilar itu baru saja terbebas dari masa suspensi dan pulih dari cedera.

Keampuhan trio maut Barca, yakni Messi, Suarez, dan Neymar (MSN) kembali diuji dalam laga kelima Grup C Liga Champions, yang digelar di Celtic Park, Glasgow, Rabu waktu setempat, atau Kamis dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh SCTV.

Selain itu, Jeremy Mathieu kembali dari masa suspensi meski cedera masih membayangi yang membuatnya tidak mampu memperkuat Barca. Tempatnya bakal diisi oleh Samuel Umtiti dan Andres Iniesta.

Rafinha dan Andre Gomes siap turun bertanding di lini  gelandang bersama dengan Ivan Rakitic dan Sergio Busquets.

Di kubu Celtic, kris Commons kembali berlatih setelah dibekap cedera selama enam bulan. Ia terus berangsur pulih dan menjalani latihan kebugaran. Kieran Tierney belum belum juga pulih dari cedera engkel yang membuatnya absen dalam lima laga di seluruh kompetisi.    

Komentar manajer tim:

* Brendan Rodgers (Celtic):

"Kami mampu memberi perlawanan (di babak pertama) dan hasil laga itu demikian menyakitkan. Para pemain belajar dari kekalahan itu dengan menunjukkan keberanian dalam penguasaan bola."

"Kami ingin meraih kemenangan. Kami tahu bahwa niatan itu tidaklah mudah, untuk itu kami perlu tampil berani. Kami harus mengubah gaya bermain, memanfaatkan setiap peluang. Jika kami mampu memberi perlawanan maka kami mendapat peluang meraih kemenangan."

* Luis Enrique (Barcelona):
"Laga ini menjadi pertandingan yang berbeda (dari laga pertama). Kami siap meladeni Celtic, dengan bermain menekan atau justru mengurangi tekanan. Kami terbiasa melawan tim yang memeragakan skema bertahan. Kebanyakan tim yang datang bertanding ke Camp Nou umumnya tampil seperti itu, meski kami tampil sabar."

"Celtic Park stadion yang besar dan megah. Para pemain ingin sekali tampil di sana. Saya ingin para pemain tampil keluar dan menikmati pertandingan karena kami toh telah meraih kemenangan di laga pertama."

Prakiraan susunan pemain:

* Celtic (4-2-3-1):

Gordon (penjaga gawang); Lustig, Touré, Sviatchenko, Izaguirre; Brown, Armstrong; Forrest, Rogic, Sinclair; Dembélé.
Absen: Tierney (cedera engkel), Griffiths (cedera hamstring)
Diragukan tampil: Touré (cedera pangkal paha)

* Barcelona (4-3-3):
Ter Stegen (penjaga gawang); Sergi Roberto, Piqué, Mascherano, Alba; Rakitić, Busquets, André Gomes/Rafinha; Messi, Luis Suárez, Neymar.
Absen: Iniesta (cedera lutut), Umtiti (cedera hamstring), Mathieu (cedera betis)
Diragukan tampil: Piqué
Absen jika menerima karytu dari wasit: Neymar, Rakitić

Data dan fakta (Opta Facts):
* Barcelona meraih tujuh kemenangan dari sembilan laga melawan Celtic di laga Liga Champions (sekali imbang, sekali kalah). Celtic hanya sekali menang dalam laga pada November 2102 ketika mereka hanya 15 persen dalam penguasaan bola dengan menundukkan skuad Catalan (2-1).
* Barcelona menang 7-0 melawan Celtic dalam laga pertama yang digelar pada September. Ini kemenangan terbesar selama perhelatan Liga Champions.
* Celtic menelan sembilan kekalahan dari 12 laga selama Liga Champions (sekali menang, dua imbang). Mereka belum juga menang dalam tujuh laga terakhir.
* Celtici gagal mengemas clean sheet dalam 17 laga Liga Champions. Ini catatan terpanjang selama penyelenggaraan kompetisi.    
* Legia Warsawa kemasukan 16 gol sementara Celtic kebobolan 13 gol selama musim kompetisi Liga Champions.      
* Barcelona meraih 21 kemenangan dari 27 pertandingan di bawah arahan Luis Enrique di ajang Liga Champions (dua imbang, empat kalah).     
* Brendan Rodgers hanya sekali menang dari 10 pertandingan di Liga Champions.
 
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Celtic: W W D W W


18/11/2016 Kilmarnock 0 - 1 Celtic
05/11/2016 Celtic 3 - 0 Inverness Caledonian Thistle
01/11/2016 Borussia VfL Mönchengladbach 1 - 1 Celtic
29/10/2016 Aberdeen 0 - 1 Celtic
26/10/2016 Ross County 0 - 4 Celtic

* Barcelona: D W L W W

19/11/2016 Barcelona 0 - 0 Málaga
06/11/2016 Sevilla 1 - 2 Barcelona
01/11/2016 Manchester City 3 - 1 Barcelona
29/10/2016 Barcelona 1 - 0 Granada
22/10/2016 Valencia 2 - 3 Barcelona

Head To Head:
 
13/09/2016 Barcelona 7 - 0 Celtic
30/07/2016 Barcelona 3 - 1 Celtic
11/12/2013 Barcelona 6 - 1 Celtic
01/10/2013 Celtic 0 - 1 Barcelona
07/11/2012 Celtic 2 - 1 Barcelona

Prediksi laga (Goal.com):
 

* Celtic 0 - 4 Barcelona (23 persen)
* Celtic 1 - 3 Barcelona (11 persen)
* Celtic 4 - 0 Barcelona (9 persen)

Lima prediksi:

* Setelah kemasukan tujuh gol tanpa balas melawan Barcelona dalam laga pertama,  Celtic perlu mendongrak semangat untuk meraih kemenangan ketika bertanding di kandang sendiri.
* Barcelona belum pernah menorehkan clean sheet dalam lima laga tandang. Ini menjadi faktor yang dapat memicu skuad Rodgers tampil dengan penuh percaya diri manakala berlaga di Glasgow.
* Duet Messi bersama dengan Suarez bakal menjadi kekuatan pembeda ketika bertarung melawan Celtic.  
* Pasukan raksasa Spanyol ini mampu mencetak gol dalam delapan laga terakhir. Ini perlu ekstra diwaspadai oleh Celtic.     
* Ketajaman dan keuletan Barca bakal diuji ketika berhadapan dengan benteng pertahanan Celtic.

Prediksi hasil laga:
* Celtic: 0
* Barcelona: 4

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016