Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menganugerahi 21 tokoh AS penghargaan tertinggi untuk warga AS berupa "Presidential Medal of Fredom 2016" di Gedung Putih, Selasa 22/11) waktu setempat.

Obama memberikan penghargaan bergengsi tersebut kepada beberapa tokoh seperti pendiri perusahaan  Microsoft Bill Gates dan istrinya Melinda Gates sebagai pekerja filantropis, mantan pemain basket Michael Jordan dan Kareem Abdul-Jabbar, aktor Tom Hanks, Robert De Niro dan Robert Redford.

Tokoh lainnya yakni bintang rock Bruce Springsteen, penyanyi Diana Ross, tokoh masyarakat AS Elouise Cobell dan ilmuwan NASA Margaret H. Hamilton.

"Hal ini berguna ketika Anda berpikir bahwa orang-orang luar biasa ini membuat negara kita menjadi bangsa yang besar di dunia," kata Obama dilansir Reuters.

Penghargaan tersebut diberikan setiap tahun kepada mereka yang berkontribusi besar terhadap kepentingan nasional Amerika Serikat, keamanan, perdamaian dunia, kebudayaan atau upaya untuk kepentingan publik lainnya.

Pembawa acara televisi Ellen DeGeneres, yang juga dianugerahi medali, melakukan "mannequin challenge", video yang menampilkan orang diam di tempat, bersama para penerima penghargaan.

Obama akan meninggalkan Gedung Putih pada Januari 2017 setelah delapan tahun bertugas. Donald Trump akan menggantikan posisinya sebagai presiden AS terpilih periode selanjutnya.

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016