Tapi nanti mereka (dewan penyelenggara) akan menilai proposal yang nanti kita buat. Nanti dikompetisikan."
Surabaya (ANTARA MNews) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengusulkan agar forum pelaku dan pengambil kebijakan startup seluruh dunia atau Startup Nations Summit bisa digelar di Kota Surabaya pada 2018.

"Ini saya sampaikan dalam pertemuan Startup Nations Summit 2016 yang digelar di Cork, Irlandia pada 18 hingga 20 November lalu," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Surabaya, Kamis.

Risma mengatakan pesaing Surabaya untuk menjadi tuan rumah forum internasional itu adalah Istanbul, Turki, yang telah mengajukan diri lebih dulu. Turki sendiri sudah mengajukan diri lebih dulu.

"Tapi nanti mereka (dewan penyelenggara) akan menilai proposal yang nanti kita buat. Nanti dikompetisikan," ujarnya.

Menurut Risma, dari lima dewan (board) panitia Startup Nation Summit, sudah ada empat dewan yang setuju forum itu diselenggarakan di Kota Surabaya.

"Tinggal satu aja yang belum setuju, pertimbangannya mungkin karena Istanbul mengajukan lebih dulu," katanya.

Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini mengatakan bahwa dalam forum tersebut dirinya sempat menjadi panelis dalam diskusi panel bertema Lessons from City Policy Experimentation.

"Saya satu panel dengan Menteri UMKM Thailand. Saya sempat diwawancarai juga sama televisi Thailand," ujarnya.

Dalam panel tersebut, Risma mempromosikan pemberdayaan ibu-ibu pahlawan ekonomi untuk mendorong pertumbuhan startup di Surabaya. Selain itu, dalam forum yang sama Risma juga berhasil meraih peringkat kedua penghargaan bagi pemangku kebijakan lokal (Local Policy Leadership) Startup Nations Summit 2016.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016