New Delhi (ANTARA News) - Olimpiade Robot Dunia ke-13, yang baru pertama kali digelar di India, diikuti dua ribu tim dari sekitar 60 negara, termasuk 14 tim asal Iran.

Penanggung jawab tim asal Iran, Morteza Farazmand, mengatakan bahwa 14 tim tersebut beranggotakan pelajar dari kota Teheran, Zanjan, Shahrud, Qazvin, Shiran, dan Abhar, demikian seperti dilaporkan Kantor Berita Iran, IRNA.

Ia menyebut Iran menempati urutan kelima pada olimpiade sebelumnya, yang digelar di Qatar.

Acara itu untuk mencari solusi inovatif menggunakan teknologi robot demi mengurangi, mengelola, dan mendaur-ulang limbah.

Olimpiade Robot Dunia (WRO) ke-13 digelar oleh Dewan Museum Ilmu Pengetahuan Nasional (NCSM) bekerja sama dengan Yayasan STEM India (ISF). Acara itu berlangsung selama dua hari mengusung tema "Olah Sampah" (Rap the Scrap).

Lomba itu terdiri atas empat kategori utama, diantaranya kategori reguler - terbagi ke tingkat dasar, menengah, dan menengah atas - dilanjutkan kompetisi sepakbola robotik, kategori terbuka, dan tantangan robot tingkat lanjut.

Medali perak direbut tim asal India pada kategori "Regular Junior High" di India Expo Mart, Greater Noida, Minggu, seperti dikutip "Indian Express" dalam lamannya.

(Uu.KR-GNT)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016