Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia akan digembleng latihan di Stadion Pakansari Cibinong, Jawa Barat, Selasa (29/11) sebelum menghadapi Vietnam pada semifinal Piala AFF 2016 di tempat yang sama, Sabtu (3/12).

"Memang benar. Mulai besok timnas latihan. Rencananya latihan di Stadion Pakansari pukul empat sore," kata asisten pelatih timnas Wolfgang Pikal dalam keterangannya kepada media di Jakarta, Senin.

Sebelumnya Timnas Indonesia mendapat libur tiga hari,

Andik Vermansah dan kawan-kawan memiliki waktu empat hari untuk bersiap diri sebelum menghadapi semifinal pertama kejuaraan dua tahunan paling bergengsi di Asia Tenggara itu. Persiapan matang sangat dibutuhkan mengingat lawan yang dihadapi cukup berat.

Vietnam saat ini bisa dikatakan salah satu tim kuat di Asia Tenggara. Bahkan, pada babak kualifikasi Grup B mampu meraih poin sempurna yaitu sembilan. Sedangkan Indonesia posisinya sebagai runner up Grup A dengan raihan empat poin dari tiga pertandingan.

Timnas Garuda akhir-akhir ini memiliki catatan kurang bagus jika bertemu Vietnam. Sebelum Piala AFF 2016 berlangsung, anak asuh Alfred Riedl ini telah berjumpa Vietnam sebanyak dua kali pada pertandingan ujicoba dalam sistem kandang tandang itu.

Pada pertemuan pertama di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogjakarta, 9 Oktober lalu, timnas Garuda harus bermain imbang 2-2. Selanjutkan saat bertanding di Hanoi, Boaz Solossa dan kawan-kawan menyerah dengan skor 2-3 meski sebelumnya mampu unggul terlebih dahulu.

Melihat kondisi tersebut, Pikal mengaku jajaran pelatih timnas mulai bersiap diri untuk menyiapkan strategi yang tepat untuk menghadapi Vietnam. Bisa dipastikan pertandingan pertama semifinal Piala AFF 2016 bakal berlangsung ketat.

"Sebelumnya kami sudah melakukan evaluasi pada tim. Kami juga sudah melakukan analisis video pertandingan Vietnam," kata asisten pelatih yang mendampingi Riedl sejak menangani timnas Indonesia pada Piala AFF 2012 itu.

Pria asal Austria itu menegaskan, berdasarkan evaluasi yang dilakukan ada beberapa kelemahan timnas yang harus dibenahi. Untuk itu pada latihan di Stadion Pakasari semua semua materi akan kembali diberikan mulai dari organisasi permainan, transisi, attacking hingga skema permainan.

Pada latihan di Stadion Pakansari ini ada 23 pemain yang akan bergabung. Mereka akan kembali mengasah kemampuan sebelum bersaing di semifinal Piala AFF 2016. Target menang sudah pasti karena akan dijadikan modal untuk menghadapi pertandingan semifinal kedua di Hanoi, Vietnam, 7 Desember nanti.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016