Jakarta (ANTARA News) - Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November, PT Astra International Tbk memberikan penghargaan pendidikan, salah satunya pada guru-guru yang mampu berinovasi.

Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk, Riza Deliansyah mengatakan pemberian apresiasi ini merupakan bagian dari program Astra yang sejalan dengan butir Catur Dharma Astra yang pertama, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat Bagi Bangsa dan Negara”.

Dalam kesempatan yang sama, Perwakilan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Elvira berharap para guru bisa menjadi inspirasi tak hanya bagi murid tetapi juga rekan-rekannya.

“Bapak dan ibu guru harus bisa jadi inspirasi tak hanya bagi murid-muridnya, tetapi juga rekan-rekan sesama guru. Tetap lanjutkan menghasilkan generasi yang cerdas dan juga berkarakter baik,” tutur dia di Jakarta, Rabu.

Para penerima apresiasi dari berbagai tingkat, mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Selain itu adapula kategori lain yakni Inovasi SMK Bisa, Rumah Pintar Astra dan Senyum Sahabat PAUD Astra. Mereka mendapatkan total apresiasi sebesar Rp 240 juta.

Dalam kesempatan itu, Astra juga menyumbangkan bantuan berupa donasi kelengkapan mengajar senilai Rp 60 juta untuk mewujudkan mimpi enam guru terpilih. Donasi ini merupakan hasil dari unggahan tentang guru yang telah menjadi inspirasi di media sosial pada periode Maret-Mei 2016.

“Penghargaan ini layak diterima para guru atas peran besar dan perjuangan mereka yang telah mempersiapkan anak-anak bangsa menjadi calon pemimpin Indonesia. Harapannya, para pendidik ini tetap semangat untuk melahirkan generasi penerus Indonesia yang lebih cerdas,” tutur Riza.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016