Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden HM Jusuf Kalla meminta agar para pelaku bisnis tidak terlalu pesimistis pada situasi global yang dipengaruhi pemerintahan baru Amerika Serikat di bawah Presiden-terpilih Donald Trump.

"Minggu lalu, saya bertemu Presiden Obama dalam pertemuan APEC di Lima, Peru, dan dia bilang, kampanye adalah kampanye, tapi akan ada yang berbeda dalam melakukan kebijakan yang sesungguhnya (setelah pemilu)," kata Wapres di hadapan ratusan pebisnis dalam Konferensi CEO Global Forbes di Hotel Shangrila, Jakarta, Rabu malam.

Pernyataan JK tersebut terkait ketidakpastian pada ekonomi global yang terjadi saat ini karena berbagai masalah geopolitik, antara lain terpilihnya Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat yang dalam kampanyenya menggaungkan anti-perdagangan global.

Setelah mendengar pernyataan Presiden Obama soal Trump, Wapres JK mengatakan bahwa negara berkembang, termasuk Indonesia, merupakan wilayah yang sangat terdampak oleh ketidakpastian itu.

"Karena itu, saya bilang, OK, itu bagus, tapi saya perlu tahu dengan jelas, seberapa besar perbedaan (antara kampanye dan kebijakan riil Trump) itu?" kata dia.

Wapres menyampaikan bahwa Obama mengatakan hal itu adalah pertanyaan yang sulit, namun dia menyampaikan bahwa kemungkinannya adalah di atas 50 persen atau di bawah 50 persen.

Selain bertemu Obama dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC di Lima, Peru, Wapres RI juga bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang baru saja kembali dari New York setelah bertemu Trump.

Senada dengan yang disampaikan Obama, JK mengatakan bahwa Abe juga meminta agar Indonesia tidak terlalu pesimistis dalam menghadapi ketidakpastian global saat ini.

"Karena itu, sebagai pebisnis, pelaku ekonomi, Anda sekalian harus optimistis, dan itu tampak dengan kehadiran Anda di sini (Konferensi CEO Global Forbes), bahwa Anda membahas bagaimana dapat bekerja sama untuk membuat dunia lebih baik dari yang para analis katakan tentang masa depan yang suram," kata JK.

Konferensi CEO Global Forbes diselenggarakan oleh Media Forbes di Jakarta, pada 29 November-1 Desember 2016, yang dihadiri 400 pengusaha dari berbagai perusahaan global, baik yang berkantor di Indonesia maupun di seluruh dunia, termasuk sepuluh CEO dari perusahaan Indonesia, seperti CT Corp, Grup Lippo, dan Grup Mayapada.

Konferensi tersebut juga dihadiri Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong dan Wakil Ketua Bidang Kerja Sama Luar Negeri Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Shinta Kamdani.

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016