Jakarta (ANTARA News) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau pelaksanaan IVA Test (Inspeksi Visual Asam Asetat) guna mencegah penyakit kanker pada perempuan di Pasar Lubuk Buaya, Sumatera Barat (Sumbar).

Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat tiba di Bandar Udara Internasional Minangkabau sekitar pukul 09.30 WIB, Kamis, disambut Tari Pasambahan oleh sejumlah siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Setelahnya Ibu Negara Iriana langsung menuju Pasar Lubuk Buaya, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Iriana memang terus memberikan dukungannya terkait pelaksanaan program deteksi dini kanker leher rahim (serviks) melalui metode IVA Test di Indonesia.

Kehadiran Ibu Negara Iriana cukup menyita perhatian dari masyarakat Kota Padang, bahkan banyak di antara mereka yang rela menunggu dari pagi hari guna bertatap muka langsung dengan Ibu Negara.

Di Pasar Lubuk Buaya, Ibu Negara Iriana melihat secara langsung pelaksanaan program IVA Test dan SADANIS (Pemeriksaan Payudara Klinis) bagi 200 orang pedangang pasar, pengunjung pasar, dan kader kesehatan di sekitar pasar.

Selain itu, Ibu Negara juga meninjau pelaksanaan pemasangan alat kontrasepsi yang ada di bus pelayanan guna mewujudkan Keluarga Berencana (KB) yang menjadi salah satu program pemerintah Indonesia.

Ia sempat berdialog dan menghampiri para peserta IVA Test dan memberikan dukungannya.

Tak hanya itu, warga masyarakat di sekitar Pasar Lubuk Buaya juga mendapat perhatian Ibu Negara Iriana.

Kain batik yang dikemas secara khusus diberikan Ibu Negara kepada masyarakat sekitar sambil sesekali menyapa dan menerima ajakan bersalaman.

Di sela-sela peninjauan, Ibu Negara Iriana menyempatkan diri bertanya kepada masyarakat sekitar yang hadir apakah telah mengikuti IVA Test, SADANIS, dan program KB.

"Sudah pada daftar belum, Bu?" tanya Ibu Negara Iriana.

Para ibu pun serentak menjawab, "Sudah," dan dibalas dengan acungan jempol oleh Ibu Negara Iriana sebagai apresiasi atas kesadaran para wanita untuk menjaga kesehatan diri dan juga sebagai bentuk dukungan mereka terhadap program pemerintah.

Ibu Negara Iriana bersama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) telah melakukan kegiatan peninjauan serupa secara rutin di sejumlah daerah di Indonesia, di antaranya Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Jawa Tengah.

Berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, saat ini baru 35.273 orang perempuan atau sekira 24,42 persen perempuan di Provinsi Sumatera Barat yang telah menjalani pemeriksaan.

Dari jumlah tersebut, terdapat 649 pasien yang positif terjangkit Virus Human Papiloma Virus (HPV).

Diharapkan dengan konsistensi dukungan dan perhatian dari Ibu Negara, cakupan serta capaian deteksi dini kanker leher rahim khususnya di Provinsi Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya dapat terus meningkat.

Dalam kunjungannya kali ini, Ibu Negara Iriana didampingi oleh Ibu Erni Guntari Tjahjo Kumolo selaku Ketua Umum OASE-KK (Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja) dan sejumlah istri anggota Kabinet Kerja yang tergabung dalam OASE-KK.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016