Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Dewan Masjid Indonesia (DMI) memperbanyak kegiatan ibadah dan amal sosial, tidak hanya sibuk menggelar rapat dan muktamar.

"Saya selalu sampaikan, jangan kita menjadi organisasi dari muktamar ke muktamar, rapatnya dipersingkat, amal ibadah dan amal sosial diperbanyak, rapatnya dikurangi saja, itu yang selalu kita inginkan," kata Jusuf Kalla, yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat DMI, saat membuka rapat kerja organisasi itu di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin.

Wakil Presiden mengingatkan DMI agar meningkatkan peran dan fungsi masjid, yang meliputi kegiatan ibadah, sosial, pendidikan, kesehatan dan yang lainnya.

"Beberapa minggu terakhir fungsi masjid bertambah sebagai tempat singgah, tempat menginap. Sekiranya tidak ada masjid, susah juga mengumpulkan banyak orang di Jakarta ini," katanya merujuk pada aksi 4 November dan 2 Desember, ketika massa dari berbagai daerah berdatangan ke Ibu Kota dan sebagian menginap di masjid.

Pada pembukaan rapat kerja yang diikuti 150 perwakilan pengurus DMI dan pengurus masjid dari 34 provinsi itu, Wakil Presiden juga mengatakan bahwa masjid juga harus bisa mendorong pergerakan ekonomi dalam masyarakat.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016