12 perusahaan ramah lingkungan dapat PROPER Emas

12 perusahaan ramah lingkungan dapat PROPER Emas

Wakil Presiden Jusuf Kalla. (ANTARA/Muhammad Adimaja)

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla hari ini menyerahkan penghargaan program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) Emas kepada 12 perusahaan.

"Saya sampaikan terima kasih kepada perusahaan yang mendapat PROPER Emas, saya ucapkan selamat," kata Wakil Presiden, yang menyerahkan penghargaan kepada perwakilan perusahaan didampingi oleh Menteri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Istana Wakil Presiden.

Wakil Presiden meminta kementerian mengumumkan perusahaan-perusahaan dengan PROPER Hitam dan Merah, yang kinerjanya dalam mengelola lingkungan buruk, agar bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat dan perusahaan.

"Saya memperhatikan yang mendapat PROPER Emas dan Hitam," kata Wapres.

PROPER merupakan program tahunan yang ditujukan untuk mendorong industri menaati peraturan tentang lingkungan hidup melalui insentif dan disinsentif reputasi.

Tahun 2016, peserta PROPER tercatat 1.930 perusahaan dari 111 jenis industri dengan tingkat ketaatan 84 persen, atau meningkat 11 persen dari tahun lalu.

Penerima penghargaan PROPER Emas tahun ini 12 perusahaan, Hijau 172 perusahaan, Biru 1.422 perusahaan, Merah 284 perusahaan, dan Hitam lima perusahaan.

Sisanya, 13 perusahaan dalam proses hukum, dan 22 perusahaan yang tutup atau tidak beroperasi.

Peringkat tertinggi Emas diberikan kepada perusahaan secara konsisten melakukan inovasi dalam proses produksi, bisnis, dan pemberdayaan masyarakat guna melestarikan lingkungan.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar