Jakarta (ANTARA News) - Instagram menambah beberapa fitur keamanan agar pengguna dapat mengekspresikan diri secara positif.

Dalam siaran pers, mereka mengumumkan beberapa pembaruan dan penambahan fitur dalam beberapa waktu ke depan, yaitu kontrol komentar, menghapus pertemanan dari private account dan laporan anonim untuk kiriman menyakiti diri.

Komentar menjadi tempat sebagian besar percakapan di Instagram terjadi tetapi tidak semua bernada positif.

Instagram menambah ikon hati untuk setiap komentar sehingga pengguna dapat menyukainya seperti mengklik tanda hati di foto. 

Selain itu, tempat berbagi foto itu akan menambah opsi mematikan komentar yang sebelumnya hanya tersedia bagi sedikit akun.

Beberapa pengguna Instagram mengunci akun mereka, atau yang biasa disebut private account, agar leluasa berbagi foto dan video dengan pengikut mereka.

Sebelumnya, pemilik private account hanya dapat membatalkan pertemanan dengan memblokir mereka.

Pembaruan Instagram akan memungkinkan pengguna untuk menghapus pertemanan dengan membuka daftar pengikut lalu menekan menu di sebelah nama orang tersebut.

Orang tersebut tidak akan diberitahu bahwa ia telah dihapus dari daftar pertemanan.

Ada kalanya pengguna melihat unggahan teman yang sedang berjuang dan membutuhkan bantuan.

Instagram menambah fitur pelaporan secara anonim dan akan disambungkan ke organisasi yang menawarkan bantuan.

"Kami akan terus berupaya untuk menjaga Instagram sebagai tempat yang nyaman dan aman bagi semua orang," tutup Instagram.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016