Ulama Banten minta Penataran P4 dihidupkan lagi

Ulama Banten minta Penataran P4 dihidupkan lagi

Lambang Burung Garuda (ANTARA)

Jakarta (ANTARA News) - Ulama Banten KH Murtadlo Dimyati meminta agar Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) diajarkan kembali di sekolah dan dalam masyarakat.

"Saya atas nama ulama salaf Banten mohon agar nilai-nilai Pancasila yang implementasinya di dalam Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) seperti dulu kembali diajarkan," katanya dalam siaran persnya, Kamis.

Pengasuh Pondok Pesantren Cidahu, Pandeglang,itu menilai sejak reformasi kondisi bangsa semakin tak menentu akibat pengaruh globalisasi sehingga generasi muda semakin jauh dari nilai-nilai luhur  dalam Pancasila. Sedangkan budaya gotong-royong dan toleransi semakin terkikis.

"Bermacam-macam ideologi yang tak sesuai dengan budaya Indonesia masuk," kata Abuya Murtadlo, sapaan akrabnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, saat ini sudah sangat diperlukan lagi pendidikan Pancasila melalui penataran P4 yang ditujukan kepada semua lapisan masyarakat hingga birokrat di pemerintahan, khususnya generasi muda.

"Makanya kami meminta ini. Panglima TNI dan Kapolri harus serius tentang masalah ini juga," ujar putra ulama kharismatis KH Muhammad Dimyati (Mbah Dim) ini.


Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2016

BPIP dorong aktualisasi nilai pancasila di komunitas kampung

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar