BNN jalin kerjasama dengan Badan Pengawas Narkotika Thailand

BNN jalin kerjasama dengan Badan Pengawas Narkotika Thailand

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso. (ANTARA /Puspa Perwitasari)

Jakarta (ANTARA News) - Badan Narkotika Nasional (BNN) kerjasama dalam bidang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dengan Office on Narcotics Control Bureau (ONCB) atau Badan Pengawas Narkotika pemerintah Thailand melakukan kerjasama perang terhadap Narkotika.

Kerjasama BNN dngan ONBC kerjasamanya dituangkan dalam MOU (Nota Kesepahaman) di Jakarta, Kamis, yang ditandatangani Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso yang akrab dipanggil Buwas bersama dengan Sirinya Sitdhichai selaku Sekretaris Jenderal Badan Pengawas Narkotika pemerintahan Thailand secara

"Penandatanganan MOU di antara kedua negara dilakukan guna mempererat dan mempermudah kerjasama antara Indonesia dengan Thailand dalam bidang P4GN," kata Buwas.

Selain itu, pembangunan alternatif dalam alih fungsi lahan ganja yang ada di Indonesia dengan mencontoh negara Thailand juga menjadi salah satu isu penting dalam kerjasama ini, katanya.

Sebagaimana telah banyak diberitakan bahwa negara Thailand telah sukses dalam alih fungsi lahan opium menjadi agrowisata dan agrobisnis melalui salah satu program pemerintahnya yakni Doi Tung Project.

"Kesuksesan tersebut telah menginspirasi BNN untuk dapat menerapkan hal serupa di tanah air," kata Buwas.

"Di samping kerjasama dalam program pembangunan alternatif tersebut dengan tetap menjunjung tinggi hukum internasional dan kedaulatan masing-masing negara, BNN dan Badan Pengawas Narkotika pemerintahan Thailand bekerjasama dalam berbagai ruang lingkup," kata Buwas.

Diantaranya pengurangan penyediaan dan permintaan narkoba dalam upaya penanggulangan penyalahgunaan, pertukaran informasi dan pengalaman yang berkaitan dengan penegakan hukum dalam bidang pemberantasan maupun dalam bidang lain seperti teknologi, pendidikan, pencegahan, rehabilitasi dan pemberdayaan masyarakat, katanya.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Bupati dan ASN Batang jalani tes bebas narkoba

Komentar