'La La Land' dan 'Moonlight' borong nominasi Golden Globes

'La La Land' dan 'Moonlight' borong nominasi Golden Globes

Sutradara Damien Chazelle dan aktris Emma Stone berpose pada pemutaran perdana "La La Land" di Hollywood, California, AS, 15 November 2016. (REUTERS/Mario Anzuoni)

Los Angeles (ANTARA News) - "La La Land," film musikal mengenai dua pemimpi yang jatuh cinta di Hollywood, dan film drama "Moonlight" memimpin nominasi Golden Globes, Senin waktu AS.

"La La Land" mendapat tujuh nominasi, termasuk kategori pemeran utama pria dan wanita terbaik atas nama Emma Stone dan Ryan Gosling, sedangkan sutradara sekaligus penulis skenario Damien Chazelle menjadi nomine untuk sutradara terbaik dan skenario terbaik.

"Moonlight" mendapatkan enam nominasi, termasuk Barry Jenkins pada penyutradaraan dan skenario, sedangkan Naomie Harris dan Mahershala Ali masing-masing masuk nominasi pemeran pendukung wanita dan pria terbaik.

"La La Land" harus melawan "20th Century Women," "Deadpool"; komedi "Florence Foster Jenkins"; dan  "Sing Street", untuk menjadi yang terbaik pada kategori film komedi/musikal.

Sedangkan "Moonlight" disaingi drama perang "Hacksaw Ridge," film Western "Hell or High Water,"  film dongeng "Lion" dan "Manchester by the Sea", dalam kategori film drama terbaik.

"La La Land" dan "Moonlight" satu sama lain sangat berbeda, namun di mata Claudia Puig, kritikus film dari Film Week milik National Public Radio menyebut kedua film memiliki elemen kunci yang sama. Keduanya adalah film yang sangat emosional yang menyentuh emosi penontonnya.

"Kedua film juga mengisahkan soal cinta dan menemukan impian," sambung dia seperti dikutip Reuters.

"Manchester by the Sea" mendapatkan lima nominasi, termasuk pemeran utama pria terbaik melalui Casey Affleck dan skenario serta sutradara terbaik untuk Kenneth Lonergan.

Tahun ini Golden Globes memilih para aktor warna warni, tidak melulu kulit putih sebagaimana sebelumnya, termasuk Ruth Negga dalam "Loving," Ali dan Harris pada "Moonlight," serta Dev Patel yang keturunan India lewat  "Lion."

"Jackie" yang mengisahkan janda presiden AS John F. Kennedy, mendapatkan nominasi dalam kategori film drama terbaik dan pemeran wanita utama terbaik atas nama Natalie Portman.

Juga masuk nominasi film drama terbaik adalah film arahan Martin Scorsese, "Silence," lalu "Fences" yang juga mengantarkan Denzel Washington dan Viola Davis mendapatkan nominasi dalam kategori pemeran utama pria dan wanita terbaik.

Pemenang Golden Globes akan diumumkan 7 Januari nanti dengan host Jimmy Fallon, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar