Kami ingin informasi tentang pembangunan gedung kesenian itu, kami akan senang hati membantu dalam bentuk apapun karena kami sudah berpengalaman."
Bandung (ANTARA News) - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menerima Chairman Adelaide Festival Center, Australia, Michael Abbott di Gedung Sate Bandung, Selasa, untuk menawarkan beberapa kerjasama di bidang seni, budaya hingga pariwisata kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pada pertemuan tersebut terungkap, Adelaide Festival Center tertarik untuk membantu pembangunan Gedung Kesenian Jawa Barat bertaraf internasional yang berlokasi di Cikutra Kota Bandung yang saat ini masih dalam tahap Detail engineering Design (DED).

Deddy Mizwar mengatakan pihak Adelaide Festival Center bahkan tertarik untuk mengisi di event rutin Jabar seperti Gotrasawala, Bidaf maupun Eco Music Camp.

"Art Center Jabar sedang dalam proses perancangan oleh arsitek ITB, kalau DED nya sudah jadi nanti tim ahli dari Australia bisa datang lihat langsung lokasi," kata dia.

Ia mengaku senang bila seniman dari Australia akan mengisi di event rutin Jabar seperti Gotrasawala, Bidaf maupun Eco Music Camp. "Silakan, akan kami promosikan di event-event kami," katanya.

Wagub Jabar juga berkata kepada Abbott bahwa Jabar akan membangun Geo Theater di bentangan Karst Citatah Kabupaten Bandung Barat dan selain bidang seni dan budaya Wagub juga berharap kerjasama bisa dijalin dalam bidang kepariwisataan.

"Saya kira kita bisa lebih meningkatkan kerjasama selain seni dan budaya, pengamatan kami di Bali banyak sekali turis Australia kenapa tidak datang ke Jabar juga, disini banyak sekali potensi wisata yang menarik," ujarnya.

Sementara itu Chairman Adelaide Festival Center Michael Abbott mengatakan Adelaide Festival Center merupakan pusat pertunjukan seni dan budaya ternama di Kota Adelaide Australia Selatan yang sudah ada sejak 40 tahun yang lalu dan sering menampilkan artis juga seniman dari seluruh dunia seperti halnya Opera House di Sydney.

"Kami ingin informasi tentang pembangunan gedung kesenian itu, kami akan senang hati membantu dalam bentuk apapun karena kami sudah berpengalaman," kata Abbott.

Menurut Abbott, bila Jawa Barat ingin menjadi pusat seni dan budaya di Indonesia harus mengadakan event rutin setiap minggunya dengan didukung oleh gedung pertunjukkan yang representatif.

"Kalau Jawa Barat ingin jadi ibu kota seni budaya di Indonesia maka harus perbanyak event," ujarnya.

Menanggapi tawaran kerjasama tersebut, Wagub Jawa Barat Deddy Mizwar menyatakan siap bila ada pihak lain yang ingin membantu.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016