Jakarta (ANTARA News) - Penyanyi Lady Gaga memuji pidato Madonna pada ajang The Billboard Women in Music 2016, setelah keduanya dikabarkan berseteru selama bertahun-tahun di industri musik internasional.

Gaga, yang telah berani berbagi cerita tentang kekerasan seksual yang dialaminya, lewat Twitter menyampaikan terima kasih kepada Madonna untuk kata-katanya yang inspiratif.

"@Madonna Pidato Anda di Billboard Music Awards menginspirasi. Anda begitu berani & kuat. Terima kasih telah melakukannya untuk kami, perempuan-perempuan yang membutuhkannya," cuit Gaga dikutip US Magazine.

Madge, panggilan akrab Madonna, memberikan pidato yang emosional tentang seksisme dan pemerkosaan, saat menerima Woman of the Year Award pada acara yang digelar 9 Desember lalu.

"Terima kasih untuk mengakui kemampuan saya melanjutkan karir selama 34 tahun dalam menghadapi kebencian terhadap perempuan secara terang-terangan, seksisme, penindasan dan pelecehan tanpa henti," katanya.

"Ketika saya pertama kali pindah ke New York pada 1979, saya masih remaja, dan New York adalah tempat yang sangat menakutkan. Pada tahun pertama, saya tertekan di bawah todongan senjata, diperkosa di sebuah atap dengan pisau yang 'menggali' tenggorokan saya, dan saya menemukan apartemen saya berantakan karena dirampok dan hanya dapat mengunci pintu dalam waktu lama," lanjut Madonna.

Perempuan 58 tahun tersebut juga mengkritik beberapa hal dengan mengatakan, perempuan boleh tampil cantik, seksi, tapi harus bertindak pintar, memiliki pendapat. 

"Anda boleh berpenampilan seperti apa yang diinginkan laki-laki, tapi jangan menimbulkan fantasi seksual. Jadilah apa yang diinginkan laki-laki. Tapi yang lebih penting adalah menjadi perempuan yang merasa nyaman berada di antara orang-orang sekitar," tutur Madonna.

Gaga, yang juga seorang korban pemerkosaan dan aktivis hak-hak perempuan, tampaknya mengubur perseteruan dengan Madonna melalui cuitannya.

Madonna dan Gaga pertama kali berseteru saat Gaga merilis lagu "Born This Way" pada tahun 2011, di mana lagu itu terdengar mirip dengan lagu Madonna pada 1989 berjudul "Express Yourself." 

Pada Februari 2015, Madonna mengatakan kepada Rolling Stone bahwa Gaga "terang-terangan mengubah lagu saya".

Dalam sebuah kesempatan Gaga menyampaikan bahwa ia dan Madonna sangat berbeda dan tidak ingin dibandingkan.

"Madonna dan saya sangat berbeda. Saya tidak akan mdibandingkan sama sekali. Saya tidak bermaksud untuk tidak menghormati Madonna, dia wanita yang baik, dan dia memiliki karir besar yang fantastis, bintang pop terbesar sepanjang masa. Tapi saya bermain banyak instrumen. Saya menulis semua musik saya sendiri. Saya menghabiskan berjam-jam di studio. Aku produser. Saya seorang penulis. Apa yang saya lakukan adalah berbeda," kata Gaga.

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016