Jakarta (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian diundang ke Fiji guna membahas penanganan kasus kejahatan transnasional.

"Polri mendapatkan undangan untuk hadir sebagai anggota asosiasi MSG bertukar pengalaman menangani kejahatan transnasional," kata Jenderal Polisi Tito Karnavian melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta Rabu.

Kapolri menghadiri acara "1st Police Ministers Meeting" bertemakan "Enhance Partnership for a Secure MSG Region" di Tanoa International Hotel Kota Nadi pada 14-15 Desember 2016.

Kapolri didampingi Duta Besar Indonesia untuk Fiji, pejabat utama Polri seperti Kadiv Hubinter, Staf Ahli Manajemen, Asisten Sarana dan Prasarana, Kepala Korlantas, perwira tinggi Asisten Asrena dan Direktur JCLEC.

Tito mengungkapkan Polri telah bekerja sama dengan beberapa negara anggota MSG untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam penerimaan siswa tamu pada Sekolah Pimpinan Menengah (Sespimen).

"Penawaran pendidikan juga dilakukan untuk bergabung mengikuti pendidikan di JCLEC," ujar polisi jenderal bintang empat itu.

Tito berharap kerjasama antarlembaga kepolisian di kawasan tersebut semakin aman dan hubungan Indonesia dengan anggota MSG semakin baik.

Dikatakan mantan Kapolda Metro Jaya, hubungan dan kerjasama antarnegara menjadi salah satu kunci mengatasin kejahatan transnasional.

Pejabat negara yang hadir pada pertemuan itu yakni Fiji Minister for Defence and National Security Ratu Inoke Kubuabola, Solomon-Under Secretary of Police Marctus Forau, Vanuatu Deputy Commissioner of Police Willie Ben, Papua New Guinea Minister of Independent State Robert Atiyfa, Chairman MSG Police Ministers Meeting Hon Peter Shanel dan Director General Melanesian Spearhead Group (MSG) Amena Yauvoli.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016