Jakarta (ANTARA News) - Penyerang sekalgius kapten Tim Nasional Thailand, Teerasil Dangda, berhasil mencetak gol pada menit 33 untuk membawa timnya unggul atas tuan rumah Indonesia dalam laga final pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu.

Gol itu berawal dari sebuah keleluasaan yang dimiliki bek kiri Theerathon Bunmathan di sisi kanan pertahanan Indonesia untuk melepaskan umpan nan tajam dan terarah menuju Dangda 

Meski berdiri diapit duet bek Indonesia, Hansamu Yama Pranata dan Fachruddin, namun sepertinya tak satupun dari kedua pemain bertahan itu merasa memiliki tanggung jawab untuk menjaga Dangda, yang akhirnya dengan mudah membelokkan bola ke sudut kiri gawang Kurnia Meiga.

Rapuhnya sisi kanan Indonesia, tak lepas dari keluarnya Andik Vermansah pada menit 19 digantikan Zulham Zamrun, setelah ia meminta keluar akibat cedera yang dialaminya sejak menit 11.

Statistik pertandingan memang memperlihatkan Indonesia memiliki 53 persen penguasaan bola, namun Thailand lebih jeli dalam membangun serangan, meski penyelesaian mereka harus dipertanyakan lantaran hanya sekali menemui sasaran dari lima kali percobaan yang dilepaskan.

Hilangnya Andik dari lapangan, praktis membuat upaya serangan Indonesia lebih banyak diinisiasi dari sisi kiri mengandalkan Rizky Pora.

Jika kedudukan bertahan, maka Thailand akan memiliki keuntungan besar menyambut laga final kedua di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12).

Dan bagi Indonesia, itu berarti partai final lagi-lagi hanya menjadi pencapaian tertinggi bagi Pasukan Garuda itu.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Piala AFF 2016:

Indonesia (4-2-3-1): Kurnia Meiga Hermansyah (PG); Benny Wahyudi, Hansamu Yama Pranata, Fachruddin, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Bayu Pradana; Andik Vermansah (Zulham Zamrun), Stefano Lilipaly, Rizky Pora; Boaz Solossa
Pelatih: Alfred Riedl

Thailand (3-5-2): Kawin Thamsatchanan (PG); Tristan Do, Koravit Namwiset, Theerathon Bunmathan; Chanthip Songkrasin, Adison Promrak, Pokklaw Anan, Sarach Yooyen, Kroerit Thaweekarn; Sarawut Masuk, Teerasil Dangda
Pelatih: Kiatisuk Senamuang

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016