Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional Indonesia berhasil mengalahkan Thailand 2-1 dalam laga final pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu.

Kemenangan itu diraih setelah tertinggal dulu akibat gol Teerasil Dangda pada menit 33, sebelum Indonesia membalikkan keadaan lewat Rizky Pora pada menit 65 dan Hansamu Yama Pranata pada menit 70.

Hasil itu menjadi modal yang cukup baik menyambut laga final kedua di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12), dalam upaya Indonesia meraih trofi Piala AFF perdana mereka setelah tampil kelima kali di partai final.

Di sisi lain, Indonesia juga menjaga tradisi mencetak dua gol di setiap pertandingan Piala AFF 2016 yang sudah mereka jalani sejauh ini.

Indonesia sempat mengalami kerugian saat Andik Vermansah harus keluar digantikan Zulham Zamrun pada menit 19, akibat cedera yang dialaminya sejak menit 11, yang membuat variasi serangan tuan rumah monoton dan lebih banyak diinisiasi lewat sisi kiri mengandalkan Rizky.

Zulham belakangan terlibat dalam kelalaian berjamaah bersama Benny Wahyudi dan Bayu Pradana, yang membiarkan Theerathon Bunmathan leluasa melepaskan umpan silang yang berbuah gol Dangda.

Selain kelalaian ketiganya, duet bek tengah Hansamu dan Fachruddin juga turut berdosa membiarkan Dangda leluasa menanduk bola meski ia berada di antara kedua pemain tersebut.

Keunggulan 1-0 bagi Thailand bertahan hingga turun minum dan berkat itu Tim Negeri Gajah bermain lebih tenang di awal-awal babak kedua.

Di tengah tekanan yang besar, para pemain tuan rumah justru berhasil menciptakan kejutan dengan menyamakan kedudukan lewat tendangan spekulasi Rizky pada menit 65 dari luar kotak penalti yang sempat membentur pemain bertahan Thailand sebelum mengecoh penjaga Kawin Thamsatchanan yang sudah mati langkah dan melesak ke sudut kiri gawang.

Lima menit berselang, Hansamu membayar lunas kelalaiannya atas gol Dangda dengan membawa Indonesia berbalik unggul, menanduk bola sepak pojok dari Rizky.

Hansamu meloncat paling tinggi di antara kerumunan pemain di dalam kotak penalti untuk menyambut umpan terarah Rizky dan menyarangkan bola ke area tiang dekat.

Indonesia sebetulnya berpeluang untuk memperbesar keunggulan menjadi 3-1 jika saja, dua pemain pengganti Ferdinan Sinaga dan Lerby Eliandry berhasil memanfaatkan satu dari dua peluang beruntun yang mereka dapat pada menit 90.

Ferdinan, yang masuk pada menit 78 menggantikan Boaz Solossa, menerima umpan Bayu di tepian kotak penalti, namun tendangan yang dilepaskannya masih bisa dihalau Thamsatchanan.

Halauan sang penjaga gawang Thailand sebetulnya tak sempurna, sebab bola memantul dan jatuh di ruang tembak Lerby, yang sayangnya memilih menanduk bola tepat ke pelukan Thamsatchanan ketimbang bereksperimen dengan penyelesaian lain.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Piala AFF 2016:

Indonesia (4-2-3-1): Kurnia Meiga Hermansyah (PG); Benny Wahyudi (Lerby Eliandry), Hansamu Yama Pranata, Fachruddin, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Bayu Pradana; Andik Vermansah (Zulham Zamrun), Stefano Lilipaly, Rizky Pora; Boaz Solossa (Ferdinan Sinaga)
Pelatih: Alfred Riedl

Thailand (3-5-2): Kawin Thamsatchanan (PG); Tristan Do, Koravit Namwiset, Theerathon Bunmathan; Chanthip Songkrasin, Adison Promrak, Pokklaw Anan (Charryl Chappuis), Sarach Yooyen, Kroekrit Thaweekar (Peerapat Notchaiya); Sarawut Masuk (Siroch Chatthong), Teerasil Dangda
Pelatih: Kiatisuk Senamuang

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016