Tangerang (ANTARA News) - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Tangerang, Banten, melakukan pendataan selama tahun 2016 terdapat 35 hingga 40 wanita yang merupakan ibu rumah tangga positif tertular HIV/AIDS.

"Ini sangat mencemaskan karena penularan virus itu tidak saja lelaki tapi mayoritas perempuan," kata Koordinator Divisi Program KPA Kabupaten Tangerang Hady Irawan di Tangerang, Sabtu.

Hadi mengatakan setiap tahun penderita HIV/AIDS terus bertambah, sejak tahun 2008 hingga Desember 2016 sudah tercatat sebanyak 900 pasien positif tertular.

Ia mengapresiasi kinerja DPRD Kabupaten Tangerang yang telah mensyahkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS.

Pernyataan tersebut terkait Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar yang menanggapi serius pembentukan Perda tersebut karena dianggap berkomitmen terhadap kesehatan penduduk dan upaya warga agar terhindar dari virus HIV/AIDS.

Hadi menambahkan saat ini terjadi pola penyebaran penyakit itu yakni selama tahun 2015 positif HIV/AIDS adalah laki-laki, tapi selama tahun 2016 mayoritas perempuan dan anak-anak.

Menurut Hadi korban terkena HIV/AIDS tersebar pada beberapa wilayah seperti di Kecamatan Kosambi, Teluknaga, Sukadiri, Balaraja, Cikupa, Jayanti dan Kecamatan Tigaraksa.

Pewarta: Adityawarman
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016