Jakarta (ANTARA News) - Fasilitator Forum Anak Jakarta (Foraja) keberatan nama forum ini digunakan dalam kegiatan politik mendukung salah satu calon gubernur yang berkompetisi pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Menanggapi pemberitaan di media online tentang deklarasi Forum Anak Jakarta atau FAJ untuk mendukung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, kami sebagai fasilitator Foraja merasa keberatan dengan deklarasi tersebut," kata salah satu fasilitator Foraja, Citra Demi Karina, melalui pesan singkat di Jakarta, Senin.

Citra mengatakan fasilitator yang selama ini mendampingi kegiatan Foraja keberatan nama FAJ digunakan karena organisasi ini resmi ada di bawah naungan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Permpuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Provinsi DKI Jakarta.

Foraja terbentuk pada 2011 beranggotakan anak-anak usia 18 tahun yang merupakan wadah partisipasi anak, bukan beranggotakan orang dewasa.

"Kami sangat berkeberatan atas pemberitaan di media online yang mengatakan bahwa forum tersebut merupakan perkumpulan Forum RT/RW yang berubah nama menjadi Forum Anak Jakarta atau FAJ," kata Citra.

Citra mengatakan Foraja telah terbentuk mulai dari kelurahan hingga provinsi dan keberaran bila nama anak dan Forum Anak Jakarta digunakan untuk kegiatan politik.

Sebelumnya, keberatan Citra sudah disampaikan melalui media sosial dan ditanggapi salah satu juru bicara pasangan Anies-Sandi Pandji Pragiwaksono.

Pandji mengatakan kesamaan nama adalah ketidaksengajaan dan FAJ merupakan organisasi peduli anak yang beranggotakan orang dewasa. Dia juga memohon maaf bila hal itu menimbulkan kebingungan.

Pilkada DKI diikuti oleh tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur meliputi Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016