Kita akan meneruskan paket kebijakan, jilid 15 akan selesai menjelang akhir tahun atau awal tahun
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan paket kebijakan ekonomi jilid XV akan terbit menjelang akhir 2016 atau paling lambat pada awal 2017.

"Kita akan meneruskan paket kebijakan, jilid 15 akan selesai menjelang akhir tahun atau awal tahun," kata Darmin dalam acara "Prospek Ekonomi Indonesia" 2017 di Jakarta, Senin.

Darmin belum mengungkapkan secara mendetail isi paket kebijakan ekonomi terbaru tersebut, namun ia memastikan paket ini akan mendukung momentum pertumbuhan investasi pada 2017.

"Paketnya cukup penting dan paket-paket ini kita susun untuk menarik investasi baik dari dalam maupun luar," katanya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kemenko Perekonomian Edy Putra Irawady memastikan pembahasan paket kebijakan ekonomi XV sedang dilakukan.

Beberapa hal yang kemungkinan menjadi fokus dalam paket kebijakan ekonomi XV adalah pembenahan logistik, penguatan kelembagaan Indonesia National Single Window (INSW) atau reorientasi subsidi pupuk.

Sebelumnya, sejak September 2015, pemerintah telah menurunkan paket kebijakan ekonomi jilid I-XIV sebagai upaya deregulasi maupun debirokratisasi yang bertujuan untuk memperbaiki iklim investasi dan daya saing.

Sebanyak 99 persen dari peraturan turunan dari paket kebijakan ekonomi tersebut sudah diterbitkan oleh pemerintah, sehingga dampak dari penerbitan paket diharapkan mulai terlihat pada 2017.

Salah satu dampak positif dari penerbitan paket kebijakan ekonomi telah terlihat dari pembentukan Pusat Logistik Berikat (PLB) di berbagai tempat di luar Jawa untuk mempermudah penyediaan bahan baku industri.

Yang terbaru, pemerintah menerbitkan paket kebijakan ekonomi jilid XIV pada November 2016 yang berisikan peta jalan pengembangan industri e-commerce.

Salah satu alasan keluarnya paket kebijakan ekonomi tersebut adalah karena pemerintah menargetkan Indonesia menjadi negara digital ekonomi terbesar di Asia Tenggara pada 2020.

Dengan adanya peta jalan tersebut, maka ekosistem perdagangan secara elektronik serta perluasan dan efisiensi bisnis perdagangan secara elektronik dapat segera terbentuk.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016