Banda Aceh, Aceh (ANTARA News) - Peringatan Hari Juang Kartika atau dikenal swbagai hari lahir TNI AD di lingkungan Kodam Iskandar Muda diwarnai berbagai atraksi.

Peringatan Hari Juang Kartika di lingkungan Kodam Iskandar Muda dipusatkan di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh, Kamis.

Peringatan Hari Juang Kartika tersebut berlangsung dalam upacara yang dipimpin Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayor Jenderal TNI Tatang Sulaiman.

Atraksi bela diri Yoongmo Do mengawali peringatan Hari Juang Kartika. Kemudian ribuan warga yang menyaksikan acara tersebut disuguhi penampilan marching band, disertai defile pasukan di jajaran Kodam Iskandar Muda.

Selain itu juga prajurit TNI juga menampilkan keahlian turun dari helikopter menggunakan tali. Namun, atraksi terjun payung hingga jelang siang tidak terlaksana karena hujan.

Sulaiman mengatakan, peringatan Hari Juang Kartika digelar bersamaan dengan hari ulang tahun Kodam Iskandar Muda.

"Peringatan Hari Juang Kartika ini digelar bersamaan dengan HUT Kodam Iskandar Muda ke 60 hari ini karena beberapa waktu lalu ada kunjungan presiden, sehingga Kodam memfokuskan pengamanan kunjungan presiden," kata dia.

Menurut dia, peringatan Hari Juang Kartika dan HUT Kodam Iskandar Muda menjadikan momentum bersama rakyat, TNI kuat serta meningkatkan profesional prajurit.

"Peringatan ini menjadi momentum bagi TNI untuk terus memperkuat kemampuan dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di Provinsi Aceh," kata Sulaiman.

Pewarta: M Haris SA
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016