Jakarta (ANTARA News) - Kepala Polri Komjen Pol Tito Karnavian dan Panglima TNI Gatot Nurmantyo akan memantau kegiatan ibadah di Gereja Protestan Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel, Gambir, Jakarta Pusat pada malam Natal.

"Nanti sekitar jam 20.00 WIB bersama Panglima TNI setelah mengunjungi gereja-gereja lainnya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono di GPIB Immanuel Jakarta, Sabtu.

Pria yang akrab disapa Argo tersebut mengatakan Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono juga akan mendampingi Kapolri Tito Karnavian dan Panglima TNI Gatot Nurmantyo meninjau kegiatan ibadah di gereja yang dibangun sejak tahun 1834 tersebut.

Ada pun Kapolri Tito Karnavian akan mengunjungi empat gereja pada malam Natal, yakni GKI Panglima Polim, HKBP Menteng, Gereja Protestan Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel dan Gereja Katedral.

Ada pun suasana ibadah di GPIB Immanuel terpantau dengan penjagaan ketat dengan adanya satu unit mobil barracuda, pengawalan dari puluhan kepolisian dan TNI dan mesin metal detector untuk setiap jemaat yang memasuki gedung.

Kebaktian malam natal di GPIB Immanuel dibagi menjadi tiga sesi, yakni pukul 17.00, 19.00 dan 21.00 WIB. Jemaat terlihat lebih ramai pada kebaktikan pukul 19.00 WIB hingga panitia harus menambah bangku plastik untuk jemaat yang tidak kebagian tempat duduk. Ada pun kapasitas gedung hanya berkisar 800 orang dengan dua lantai.

Ibadah Natal di GPIB Immanuel pada Minggu (25/12) akan dilaksanakan dalam tiga bahasa, yakni bahasa Indonesia, Belanda dan Inggris.

Ibadah Natal di GPIB Immanuel akan dimulai sejak pukul 08.00 WIB berbahasa Indonesia, pukul 10.00 WIB bahasa Belanda, pukul 17.00 WIB bahasa Inggris dan pukul 18.30 WIB bahasa Indonesia.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016