Kami kehilangan 16 orang satu keluarga...
Meulaboh, Ace (ANTARA News) - Ratusan warga Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh berkumpul di lokasi pemakaman massal korban tsunami Suak Indra Puri, menghadiri zikir dan doa bersama mengenang tepat 12 tahun hari gempa dan tsunami Aceh, Senin pagi.

Mayoritas masyarakat yang hadir di lokasi kompleks pemakaman korban tsunami 2004 itu, merupakan warga lokal yang telah kehilangan keluarga saat gempa disusul gelombang tsunami 26 Desember 2004. Mereka kini telah menempati perumahan relokasi di beberapa komplek perumahan bantuan.

"Alhamdulillah, pascatsunami kami mendapatkan rumah bantuan di komplek Blang Beurandang. Saya kehilangan anak lelaki satu-satunya saat tsunami ketika itu ia berusia 13 tahun, terpisah dalam suasana hempasan, digulung gelombang besar. Kami warga Suak Indra Puri yang saat itu sempat melihat air gelombang laut surut," kata Anto, salah seorang warga kepada Antara.

Ia sendiri tidak mengetahui di mana tubuh atau jasad anaknya, hingga 12 tahun sudah bencana dahsyat itu berlalu. Keluarga itu sudah tidak punya anak lagi, namun hidup tetap tegar dengan semua yang dimiliki saat ini.

Setiap tahun tanggal 26 Desember keluarga itu selalu menghadiri acara peringatan mengenang tsunami yang dilaksanakan secara bersama-sama dan membuat acara kenduri.

Di lokasi makam massal korban tsunami Suak Indra Puri terkubur ribuan jiwa warga korban tsunami, serta korban-korban lainnya yang ditemukan dalam reruntuhan maupun tertimbun diangkut secara massal dengan alat berat dan dikuburkan dalam satu komplek pemakaman tersebut.

Sebagian korban tsunami juga diangkut dengan kendaraan ke pemakaman lain di Beureugang, Kecamatan Kaway XVI, sehingga dua lokasi tersebut saat ini menjadi pemakaman massal korban tsunami yang menjadi tempat seremonial masyarakat bersama Pemerintah Daerah setempat melaksanakan acara mengenang gempa dan tsunami Aceh setiap tahunnya.

Sementara itu Arani Andah (63), warga lainnya menyampaikan, dirinya kehilangan 16 orang dalam keluarganya yang terdiri atas adik, abang dan orang tua dalam musibah itu. Mereka semua terkubur terpisah-pisah dalam makam massal korban tsunami di daerah itu.

"Saat tsunami itu saya masih menjabat sebagai kepala dusun (kadus) Suak Indra Puri. Kami kehilangan 16 orang satu keluarga, alhamdulillah saya masih diselamatkan oleh Allah SWT saat itu, entah dengan cara saya bisa berhasil lari dan selamat dari kejaran gelombang," sebutnya.

Pada acara tersebut Pemkab Aceh Barat menyerahkan santunan secara simbolis kepada 220 orang anak yatim masing-masing Rp200 ribu, kemudian dilanjutkan dengan acara tausiah, zikir dan doa bersama dan terakhir seluruh warga yang hadir makan bersama yang disebut kenduri rakyat di pantai bersejarah itu.

Diperkirakan sekitar 170.000 jiwa menjadi korban Tsunami Aceh 26 Desember 2004 yang juga berdampak sampai Malaysia dan Thailand itu.

Pewarta: Anwar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016