Yogyakarta (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta menyosialisasikan rencana pemberlakuan "car free night" di sepanjang Jalan Malioboro pada malam Tahun Baru 2017.

Sosialisasi yang dipimpin Kepala Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta Brigjen Pol Ahmad Dofiri disertai dengan pagelaran aneka kesenian seperti calung, musik pop, dan keroncong, Senin malam.

"Kami memanfaatkan momentum peresmian pedestrian Malioboro ini sekaligus untuk menyosialisasikan car free night pada malam pergantian tahun," kata Dofiri.

Dofiri menjelaskan pelaksanaan "car free night" sepanjang Jalan Malioboro ditutup untuk kendaraan roda dua hingga roda empat mulai pukul 17.00 WIB dari utara Hotel Inna Garuda hingga Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

"Sepanjang Jalan Malioboro seluruhnya dikhususkan untuk pejalan kaki. Hanya becak dan andong sebagai kendaraan tradisional yang diperbolehkan masuk," kata dia.

Ia mengatakan bagi masyarakat atau wisatawan yang hendak masuk kawasan Malioboro, pihaknya beserta Pemerintah Kota Yogyakarta telah menyediakan 5 kantong parkir utama yakni Parkir Ngabean, Parkir Senopati, Abu Bakar Ali, Stadion Kridosono, serta GOR Among Rogo.

"Sudah kami sediakan kantong parkir. Seluruh bus tidak boleh masuk Malioboro," kata dia.

Untuk pengamanan titik sentral perayaan pergantian tahun, manurut Dofiri, pihaknya juga menempatkan petugas seperti di Titik Nol Kilometer, Tugu Yogyakarta, serta sepanjang Jalan Malioboro. "Semoga masyarakat dan wisatawan dapat menikmati Malioboro dengan tenang," kata dia.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016