Banjarmasin (ANTARA News) - Seorang narapidana yang kabur dari Lapas Banjarbaru akhirnya menyerahkan diri ke Satuan Reserse Kriminal Polresta Banjarmasin.

"Narapidana yang yang menyerahkan diri itu bernama Muhammad Ridwan alias Ridwan (24) yang kabur dari Lapas Banjarbaru," kata Kasat Reskrim Polresta Banjarmasin AKP Arief Prasetya SIK, di Banjarmasin, Senin.

Dia mengatakan, awalnya dalam pengejaran itu ada satu warga binaan kabur yang terdata sebagai warga Banjarmasin, dan Satreskrim Polresta Banjarmasin langsung melakukan pengejaran.

Warga binaan yang kabur itu dari informasi yang didapat diketahui kembali ke rumahnya di kawasan Sungai Miai, Banjarmasin Utara.

"Kami dapat perintah dari Kapolresta ada satu warga binaan merupakan warga Banjarmasin dan disuruh melakukan back up serta pengejaran terhadap narapidana yang kabur itu," ujarnya.

Menurutnya, napi itu langsung dilakukan pengejaran oleh anggota ke rumahnya dan dilakukan penggerebekan.

Namun saat disambangi di rumahnya, ternyata napi yang kabur itu sudah tidak berada di rumah, tapi keluarganya kooperatif hingga akhirnya napi atas nama Ridwan ini menyerahkan diri.

"Pelaku akhirnya menyerahkan diri ke Polresta Banjarmasin pada Senin sore setelah polisi melakukan upaya pendekatan kepada keluarganya," ujar pria lulusan Akpol angkatan 2005 itu.

Saat ini napi itu sudah dijemput oleh Polres Banjarbaru dan nantinya akan diserahkan ke Lapas Banjarbaru, namun sebelumnya akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, demikian Arief.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016