Dua induk tapir di taman rimba melahirkan

Jambi (ANTARA News) - Dua induk tapir (tapirus indicus) di Kebun Binatang Taman Rimba Jambi melahirkan dua anak tapir sehingga saat ini koleksi satwa tapir di kebun binatang tersebut bertambah.

"Ada tambahan dua anak tapir yang baru lahir, satu jantan dan satu betina," kata Pelaksana Tugas Kepala UPTD Taman Rimba Jambi, Endang di Jambi, Senin.

Adapun dua induk tapir itu adalah Kasih dan Febby, jenis satwa habibat asli asal Sumatera tersebut melahirkan masing-masing satu jantan dan satu betina.

"Setelah ditimbang oleh petugas paramedis diketahui berat anak tapir itu mencapai 10 Kg dan kondisi bayi tapir itu sehat," kata dia.

Kedua anak tapir yang baru dilahirkan itu saat ini masih dipisahkan dengan induknya dan sebelumnya telah dibuatkan kandang isolasi untuk menyusui.

"Kedua anak tapir itu belum dikasih nama, kita berharap nanti Gubernur Jambi mau memberikan nama yang cocok untuk anak tapir itu, dan bisa kita promosikan ke luar," katanya menjelaskan.

Saat ini kata Endang, Kebun Binatang Taman Rimba Jambi mempunyai koleksi lima ekor tapir yang merupakan satwa endemik Sumatra pemakan daun dan buah-buahan.

Saat ini, lanjutnya, Kebun Binatang Taman Rimba Jambi yang berlokasi persis di sebelah Bandara Jambi itu memiliki 400 koleksi jenis satwa langka.

Jenis satwa yang dikoleksi kebun binatang kebanggaan masyarakat Jambi tersebut diantaranya mulai satwa aves (unggas), mamalia dan reptil.

"Yang paling banyak saat ini adalah satwa langka jenis unggas," katanya menambahkan. 

Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Seekor Tapir Ditangkap Di Lahan Pekuburan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar