Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian memfasilitasi bantuan rekonstruksi dampak gempa yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, dari kalangan industri yang diserahkan kepada Bupati Pidie Jaya Aiyub Abbas.

Demikian disampaikan Dirjen IKTA Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono usai mendampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang menyerahkan bantuan tersebut di Pidie Jaya, Aceh.

"Kalau dari Industri Kimia Tekstil dan Aneka (IKTA) ada beberapa bantuan berupa semen, keramik 7.000 meter persegi, pakaian dan kebutuhan pangan," kata Sigit dihubungi ANTARA News dari Jakarta, Rabu.

Sigit menyampaikan, berbagai bantuan tersebut datang dari industri nasional yang bergerak disektor kimia, tekstil dan aneka, untuk membantu saudara-saudara korban gempa.

Menurut Sigit, satu industri semen terkena dampak dari guncangan gempa tersebut, yakni Semen Iskandar Muda.

Sigit bersama beberapa pejabat Eselon I Kemenperin lainnya datang sejak Selasa (27/12) malam dan menyaksikan langsung kondisi di lokasi pasca-gempa yang mengguncang awal Desember lalu.

"Kami datang sejak malam dan langsung melihat lokasi yang diguncang gempa. Semoga bantuan yang kami salurkan dapat mengurangi beban mereka," ungkap Sigit.

Diketahui, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menggelar rapat pimpinan terbatas bersama beberapa pejabat Eselon I di lingkungan Kemenperin untuk membahas mengenai penanganan bencana gempa bumi Aceh beberapa hari pasca-gempa.

Kemenperin kemudian menginventarisir dampak gempa yang terjadi, terutama bagi Industri Kecil Menengah (IKM) yang beroperasi di Pidie Jaya.

Sigit berharap, Pidie Jaya dapat membangun kembali daerahnya dan industri yang terkena dampak gempa dapat bangkit dan beroperasi seperti semula.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016