Jakarta, 29 Desember 2016 – PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mengumumkan dukungannya terhadap program edukasi dan literasi keuangan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan mengoperasikan empat unit Mobil Literasi & Edukasi Keuangan (SiMOLEK) di Jakarta dan Surabaya pada tanggal 19 - 24 Desember 2016 serta di Medan pada tanggal 26 - 30 Desember 2016.




Presiden Direktur PT Prudential Life Assurance, Jens Reisch, mengatakan, "Program SiMOLEK akan memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kesadaran dan minat masyarakat terhadap literasi dan inklusi keuangan. Oleh karena itu, kami mendukung program ini dan optimistis bahwa inisiatif ini dapat mendorong kesadaran dan penggunaan produk dan jasa keuangan."




SiMOLEK, yang dioperasikan oleh Prudential, dilengkapi dengan berbagai fitur, fasilitas dan materi edukasi keuangan mengenai produk, layanan dan lembaga jasa keuangan. Selain itu, masyarakat juga bisa mengetahui tentang cara pengaduan, pelaporan, atau pertanyaan ke Layanan Konsumen OJK.




Selain sosialisasi seputar literasi keuangan, SiMOLEK pun menyediakan pemahaman akan pentingnya perlindungan asuransi, dan memungkinkan masyarakat untuk meningkatkan pemahaman seputar seluk beluk asuransi jiwa.




Prudential Indonesia sangat optimistis dengan potensi pasar asuransi jiwa di Indonesia mengingat jumlah penduduk terbesar di Asean, pertumbuhan kelas menengah yang begitu pesat, serta banyaknya jumlah UMKM yang terus tumbuh. Namun, kenyataannya saat ini tingkat penetrasi asuransi jiwa di Indonesia masih rendah. Berdasarkan data OJK, September 2016, tingkat penetrasi industri asuransi jiwa baru mencapai 2,52% berbanding jumlah penduduk Indonesia 257 juta.




“Tingkat pemahaman masyarakat yang masih rendah terhadap asuransi dan keterbatasan aksesibilitas serta distribusi produk asuransi di tengah-tengah masyarakat adalah beberapa faktor penyebab angka penetrasi asuransi yang masih rendah. SiMOLEK menjadi kesempatan bagi kami untuk turut berpartisipasi meningkatkan pemahaman masyarakat tentang asuransi,” tambah Jens Reisch, Presiden Direktur PT Prudential Life Assurance.




Partisipasi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan, termasuk pihak swasta dalam literasi dan inklusi keuangan diharapkan semakin memperluas akses informasi dan pemahaman masyarakat akan produk dan layanan yang ditawarkan lembaga jasa keuangan.




Prudential Indonesia telah menjalankan program tanggung jawab sosial perusahaan hampir sepanjang perusahaan didirikan 21 tahun yang lalu. Sejak tahun 2014, program-program tanggung jawab sosial Prudential Indonesia telah berhasil menyentuh lebih dari sejuta jiwa.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016